Menu

Dear Moms, Ini 4 Pola Asuh Anak yang Salah, Nomor 2 Sering Banget Dilakukan!

23 November 2022 16:00 WIB
Dear Moms, Ini 4 Pola Asuh Anak yang Salah, Nomor 2 Sering Banget Dilakukan!

Ilustrasi ibu dan anak yang sedang berseteru (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Banyak orangtua yang tanpa sadar telah menerapkan pola asuh yang salah pada anak. Naluri orangtua dalam pola asih anak memang akan selalu melindungi dan merawat anaknya.

Namun ternyata, pola asuh yang salah justru bisa menimbulkan dampak buruk dan merusak perkembangan psikologi anak. Sebab itu, sebaiknya orangtua perlu mengetahui pola asuh apa saja yang salah. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Kekerasan secara fisik

Nggak sedikit orangtua yang melakukan kekerasan pada anak seperti menjewer, memukul, atau mencubit. Hal itu terjadi lantaran orangtua emosi dengan tingkah laku anak yang akhirnya berujung pada kekerasan fisik untuk mendisiplinkan anak. 

Si kecil mungkin saja jadi berhenti dan menurut dalam sekejap, tapi dampak negatif yang muncul justru bisa berbahaya di masa depan.

Mengerjakan PR anak

Orangtua seringkali mengambil alih kewajiban anak dalam mengerjakan PR. Biasanya, orangtua mengerjakan PR anak karena enggak tega melihat si kecil kelelahan atau PR tersebut sulit. Padahal, pola asuh seperti ini bisa membuat anak kurang percaya dengan kemampuannya sekaligus membuatnya jadi malas dan lalai akan tanggung jawabnya.

Baca Juga: Perlu Waspada! Ternyata Ini Tanda Pola Asuh yang Salah Pada Anak

Baca Juga: Waduh! Bikin Penat, 8 Tips Penting Supaya Nggak Membandingkan Diri dengan Pengasuhan Anak Lain, Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.