Menu

Paling Epik dan Cetak Sejarah, Ini 6 Wasit Wanita yang Kawal Pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar, Berasal dari AS hingga Jepang

23 November 2022 15:00 WIB
Paling Epik dan Cetak Sejarah, Ini 6 Wasit Wanita yang Kawal Pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar, Berasal dari AS hingga Jepang

Enam wasit di Piala Dunia 2022 Qatar (Instagram/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kompetisi sepak bola bergengsi yang diadakan setiap 4 tahun sekali ini, yakni FIFA World Cup alias Piala Dunia 2022 yang diadakan di Qatar belakangan ini menjadi perhatian publik.

Selain upacara pembukaan Piala Dunia 2022 yang diadakan di Stadium Al Bayt, Qatar pada Minggu (20/11/2022) dan dimeriahkan oleh penampilan spesial dari Jungkook BTS dan Fahad Al-Kubaisi yang membawakan lagu Official Soundtrack FIFA, namun ada pula yang tak kalah menjadi sorotan di pagelaran pesta bola dunia itu, yakni kehadiran para enam wanita yang bertugas menjadi sebagai wasit di Piala Dunia Qatar 2022 itu.

Baca Juga: Sukses Pukau Dunia, Penampilan Jungkook BTS Pakai Jaket Versace di FIFA Qatar 2022, Harganya Bikin Syok!

Baca Juga: Disebut Bak Michael Jackson, Penampilan Jungkook BTS di Upacara Pembukaan Piala Dunia 2022 Tuai Pro Kontra

Melansir dari Kompas.com,  FIFA telah merilis daftar 129 ofisial yang akan bertugas di Piala Dunia 2022 Qatar pada 19 Mei 2022.  

Sebanyak 129 ofisial tersebut terdiri dari 36 wasit utama, 69 asisten wasit, dan 24 petugas Video Assistant Referee (VAR).  

Dari 129 ofisial pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar, enam di antaranya adalah wanita. 

Tiga bertugas sebagai wasit utama, yakni Stephanie Frappart (Perancis), Salima Mukansanga (Rwanda), dan Yoshimi Yamashita (Jepang).  

Tiga lainnya menjadi asisten wasit yaitu Neuza Back (Brasil), Karen Diaz Medina (Meksiko), dan Kathryn Nesbitt (Amerika Serikat). 

Tentu saja, hal ini menjadi pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia memiliki ofisial pertandingan yang melibatkan wanita.

"Kami sangat senang dengan adanya Stephanie Frappard, Salima Mukansanga, dan Yoshimi Yamashita serta asisten wasit Neuza Back, Karen Diaz Medina, dan Kathryn Nesbitt. Kami memiliki ofisial pertandingan wanita untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia," kata Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina, seperti dikutip HerStory dari laman resmi FIFA, Rabu (23/11/2022).

"Ini mengakhiri proses panjang yang dimulai beberapa tahun dengan penempatan wasit wanita di turnamen junior dan senior pria FIFA. Dengan cara ini, kami dengan jelas menekankan bahwa yang penting bagi kami adalah kualitas dan bukan gender," tuturnya.  

"Saya berharap ke depan, pemilihan ofisial pertandingan putri untuk kompetisi pria dianggap sebagai sesuatu yang biasa dan tidak lagi sensasional. Mereka pantas berada di Piala Dunia FIFA," ucap Pierluigi Collina.

Hal itu pun disambut baik juga oleh salah satu wasit wanita yang terpilih, yaitu Stephanie Frappart yang berasal dari Perancis.

Baca Juga: Ikut Ramaikan Keseruan FIFA World Cup Qatar 2022, McDonald's Keluarkan Menu Edisi Piala Dunia

Baca Juga: Sukses Pukau Dunia, Penampilan Jungkook BTS Pakai Jaket Versace di FIFA Qatar 2022, Harganya Bikin Syok!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.