Menu

Atasi Asam Urat, Coba Konsumsi 5 Air Rebusan Ini Moms

23 November 2022 16:20 WIB
Atasi Asam Urat, Coba Konsumsi 5 Air Rebusan Ini Moms

Ilustrasi ramuan lemon dan jahe. (Pinterest/edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Pengobatan asam urat bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami. Misalnya, air rebusan dari beberapa jenis daun. Obat herbal sendiri diketahui akan bekerja dengan menekan pembentukan asam urat sehingga tubuh bisa terhindar dari rasa nyeri di bagian sendi. Nah, berikut ini adalah beberapa air rebusan yang bisa Moms gunakan untuk mengurangi rasa nyeri sendi akibat asam urat:

1. Air rebusan daun mangga

Banyaknya antioksidan seperti fenol dan flavonoid pada daun mangga, air rebusannya dapat dijadikan sebagai obat asam urat. Untuk mendapat khasiatnya Moms bisa merebus lima lembar daun mangga dengan 250 cc air.

Rebus sampai air berubah warna menjadi kecoklatan atau mendidih. Minum setidaknya dua kali sehari selagi masih hangat. Cara ini akan membantu Anda menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

2. Air rebusan ketumbar

Khasiat ini tentu tidak terlepas dengan sifat antioksidan pada asam urat. Caranya, rebus ketumbar saja lalu konsumsi selagi hangat. Selain menurunkan asam urat, air rebusan ketumbar juga bisa memperbaiki saluran pencernaan.

3. Air rebusan daun salam

Siapkan 15 lembar daun salam, cuci sampai bersih. Setelah itu, rebus daun salam dengan tiga gelas air yang sudah mendidih. Tunggu sampai air rebusan tersisa kurang lebih satu gelas. Gunakan air rebusan daun salam untuk diminum dua kali sehari.

4. Air rebusan daun kelor

Dengan kandungan senyawa aktif berupa flavonoid dan alkaloid, daun kelor dapat mencegah pembentukan asam urat. Caranya, cuci dan keringkan daun kelor lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu, ambil satu sendok tumbukan daun kelor dan rebus dengan 200 ml air. Jika sudah mendidih, gunakan air rebusan daun kelor untuk diminum dua kali sehari.

5. Air rebusan daun alpukat

Caranya, cukup rebus tujuh lembar daun alpukat dengan tiga gelas air. Tunggu sampai mendidih dan hanya menyisakan kurang lebih satu gelas air rebusan.

Baca Juga: Terserang Batuk dan Pilek? Coba Obati dengan Bahan Alami Ini

Baca Juga: Bukan untuk Penyembuhan, Ternyata Ini Manfaat Obat Herbal untuk Penderita Corona

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.