Menu

Harus Tahu Moms! 5 Bahan Makanan Ini Ternyata Perlu Dicuci Sebelum Dimasak

23 November 2022 16:55 WIB
Harus Tahu Moms! 5 Bahan Makanan Ini Ternyata Perlu Dicuci Sebelum Dimasak

Daging domba mentah. (Shutterstock/Natalia Lisovskaya)

HerStory, Bandung —

Sebelum memasak, biasanya kita seringkali mencuci bahan masakan seperti sayur atau daging. Namun, sebenarnya gak semua bahan masakan harus dicuci lho. Kira-kira apa saja ya bahan masakan yang sebaiknya gak perlu dicuci? Yuk, simak penjelasan berikut ini Moms!

1. Daging

Mencuci daging seperti daging sapi, kambing atau domba membantu bakteri menyebar ke wastafel dapur dan tangan. Tapi, Moms bisa menyingkirkan bakteri pada daging dengan suhu tinggi. Setelah itu, gunakan sabun dan air panas untuk mencuci tangan.

2. Pasta

Kebanyakan koki berpikir bahwa mencuci pasta seharusnya tak dilakukan karena air menghilangkan pati yang membantu menyerap saus lebih efektif.

3. Daging ayam

Bakteri pada ayam segar sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Terutama salmonella. Banyak orang berpikir bahwa mencuci ayam sebelum dimasak membantu mengatasi masalah ini, tetapi itu adalah hal yang keliru.

Saat kita mencuci ayam, air yang kita gunakan membantu bakteri menyebar ke tangan dan wastafel dapur. Jika kita mulai memasaknya segera, semua bakteri akan mati. Lebih baik merebus ayam dua kali: setelah air mendidih pertama kali, kita harus mengganti air dan terus merebusnya.

4. Jamur

Jamur merupakan bahan makanan yang tak boleh disimpan terlalu lama atau merendamnya terlalu lama. Ini dikarenakan jamur bisa menyerap air dengan sangat baik. 

Oleh karena itu, lebih baik bilas jamur dengan cepat lalu keringkan dengan handuk kertas. Pasalnya, jika membiarkan jamur menyerap air jamur akan rusak dan kehilangan elastisitasnya.

5. Telur

Zat khusus sering diletakkan pada telur untuk melindunginya dari kontaminasi bakteri. Nah mencucinya dengan air hanya akan merusak perlindungan ini. Sehingga tak disarankan untuk mencuci telur.

Itulah beberapa bahan masakan yang sebaiknya jangan dicuci. Semoga bermanfaat ya Moms!

Baca Juga: 6 Kesalahan dalam Mencuci dengan Mesin, Jangan Sampai Terulang Lagi!

Baca Juga: Stop Moms! 3 Bahaya Merendam Pakaian Terlalu Lama

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.