Menu

Kontrol Hipertensi dengan Mudah, Coba Lakukan 6 Cara Ini!

24 November 2022 11:05 WIB
Kontrol Hipertensi dengan Mudah, Coba Lakukan 6 Cara Ini!

Ilustrasi mengukur tekanan darah dalam tubuh. (Unsplash/Mockup graphics)

HerStory, Bandung —

Tekanan darah tinggi atau hipertensi sering disebut dengan silent killer. Ini dikarenakan tekanan darah tinggi sering kali enggak memiliki gejala. 

Padahal, tekanan darah yang tinggi bisa jadi risiko utama penyakit jantung dan stroke lho. Tekanan darah sendiri bergantung pada seberapa banyak darah yang dipompa jantung dan ukuran arteri. Semakin sempit arteri, maka tekanan darah juga semakin tinggi.

Nah, salah satu cara untuk mengelola tekanan darah ini cukup mudah, yakni dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Berikut, beberapa cara mudah untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh, diantaranya:

1. Jaga berat badan ideal

Tekanan darah sering meningkat seiring dengan bertambahnya berat badan. Kelebihan berat badan juga bisa menyebabkan gangguan pernapasan saat tidur (sleep apnea) yang nantinya bisa meningkatkan tekanan. Untuk itu, penting menjaga berat badan dengan mengubah gaya hidup yang lebih sehat.

2. Olahraga teratur

Aktivitas fisik bisa menurunkan tekanan darah sekitar 5-8 mmHg kalau kamu memiliki tekanan darah yang tinggi. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk berolahraga setidaknya sekiar 150 menit seminggu atau sekitar 30 menit setiap harinya. Beberapa contoh latihan aerobik yang bisa kamu coba, yakni jalan kaki, jogging, bersepeda, berenang, atau menari.

3. Konsumsi makanan sehat

Jangan lupa untuk perbanyak konsumsi makanan yang kaya biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak ya Moms! 

Selain itu juga jangan lupa untuk konsumsi makanan yang kaya akan potasium. Ini penting karena potasium bisa mengurangi efek natrium pada tekanan darah.

4. Kurangi asupan natrium

Natrium atau garam nampaknya sudah jadi rahasia umum dari penyebab tekanan darah tinggi. Dengan mengurangi asupan natrium, Moms bisa membuat tekanan darah turun sekitar 5-6 mmHg lho.

Oleh karena itu, hindari makanan tinggi natrium, seperti makanan olahan, makanan cepat saji atau makanan yang diawetkan. Pastikan tubuh untuk mengonsumsi kurang dari 2.300 miligram natrium.

5. Batasi konsumsi alkohol

Alkohol bisa memicu peningkatan tekanan darah. Untuk itu, usahakan untuk membatasi konsumsi alkohol dalam jumlah sedang, yakni satu gelas sehari untuk wanita atau dua gelas sehari untuk pria. Mengurangi alkohol pun dapat menurunkan tekanan darah sampai sekitar 4 mmHg. 

6. Berhenti merokok

Setiap batang rokok yang diisap bisa meningkatkan tekanan darah selama beberapa menit. Dengan berhenti merokok, enggak hanya tekanan darah yang kembali norma, tetapi juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan bisa meningkatan kesehatan secara keseluruhan

Itulah beberapa cara yang paling mudah untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Hati-hati! Hipertensi Bisa Perburuk Kondisi Kesehatan di Tengah Pandemi

Baca Juga: Waspada! 4 Jenis Hipertensi yang Dapat Menyerang Ibu Hamil

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.