Menu

Si Kecil Makin Senang dan Sehat, Ini 5 Cara Cuci Boneka dengan Mudah dan Gak Cepat Rusak, Catat Ya Moms!

24 November 2022 11:45 WIB
Si Kecil Makin Senang dan Sehat, Ini 5 Cara Cuci Boneka dengan Mudah dan Gak Cepat Rusak, Catat Ya Moms!

Anak perempuan tengah bermain boneka. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Bagi anak, boneka adalah salah satu mainan yang sudah menjadi sahabat mereka. Bahkan, beberapa orang dewasa juga mungkin menyukai boneka untuk teman tidur atau dikoleksi.

Biasanya, boneka dibuat dengan bahan kain dan tentu saja bisa kotor ketika sering dimainkan.

Beberapa jenis kain yang kerap digunakan untuk membuat boneka antara lain kain velboa, kain flanel, kain rasfur, kain yelvo, dan kain nylex. Selanjutnya boneka akan diisi dengan kain perca atau dakron. Oleh sebab itu, penting bagi kita mengetahui cara mencuci boneka yang benar agar tak mudah rusak. Yuk, simak satu per satu di bawah ini Moms!

1. Lepaskan Aksesoris Boneka

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan sebelum mencuci boneka adalah melepaskan aksesoris yang menempel pada boneka. Misalkan sepatu, topi, gelang dan aksesoris lainnya.

Namun, jangan memaksakan untuk melepas aksesoris yang telah dikunci atau tak bisa dilepaskan ya Moms. Sebab, hal tersebut akan membuat boneka menjadi rusak. Setelah terpisah dengan berbagai aksesorisnya, kamu bisa cuci secara terpisah menggunakan sabun khusus boneka, atau sabun yang berbahan lembut.

2. Gunakan Penyedot Debu

Untuk boneka yang berukuran besar, kamu bisa gunakan mesin penyedot debu atau vacuum cleaner untuk membersihkan debu yang menempel pada boneka. 

Namun, sebelum menggunakannya kamu harus menyesuaikan dan mengatur tingkat kekuatan dari vacuum cleaner. Gunakan vacuum cleaner dengan gerakan searah dengan bulu boneka, agar tak mudah rusak.

Baca Juga: Aneh tapi Nyata! Wanita Ini Undang Boneka Kesayangan Jadi Tamu VIP di Pernikahannya

Baca Juga: Bermain Boneka Ternyata Bisa Mengembangkan Rasa Empati Si Kecil Lho Moms

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza