Menu

Bisa Turunkan Risiko Diabetes Hingga 58 Persen, Ini 2 Jenis Senam yang Direkomendasikan

24 November 2022 14:15 WIB
Bisa Turunkan Risiko Diabetes Hingga 58 Persen, Ini 2 Jenis Senam yang Direkomendasikan

Siluet seorang wanita sedang melakukan Yoga. (unsplash/kike vega)

HerStory, Bandung —

Terdapat beragam cara untuk menjaga kebugaran dan mengontrol gula darah bagi penderita diabetes, salah satunya dengan melakukan senam diabetes dan latihan pendukung lainnya. 

Dianjurkan bagi penderita diabetes untuk melakukan senam diabetes atau olahraga dengan gerakan ringan dan cepat, setidaknya selama 150 menit setiap minggunya, untuk membakar kalori dalam tubuh dan meningkatkan kepekaan tubuh terhadap insulin. 

Senam diabetes bisa membantu untuk menurunkan berat badan yang merupakan salah satu kendala dalam penyakit diabetes.  Sebuah studi klinis menemukan bahwa perubahan gaya hidup dengan berolahraga 150 menit per minggu dapat menurunkan risiko diabetes tip2 hingga 58 persen.

Latihan Pendukung Senam Diabetes

1. Senam Tai Chi

Latihan lain yang bisa dilakukan oleh penderita diabetes adalah melakukan senam tai chi. Senam Tai Chi merupakan seni olah tubuh yang berasal dari Tiongkok. Latihan ini berupa gerakan olahraga penggabungan anatara gerakan tubuh, olah pernapasan dan juga meditasi.

Penelitian dari Universitas Florida terhadap 62 wanita penderita diabates yang rutin melakukan senam tai chi menunjukkan adanya perbaikan yang signifikan pada tingkat gula darah. 

2. Yoga

Selain senam tai chi, yoga juga dapat menjadi latikan yang baik bagi penderita diabetes. Yoga menggabungkan gerakan untuk membangun fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan. Ini berguna bagi orang-orang dengna kondisi kesehatan kronis, termasuk diabetes.

Gerakan Yoga pun dipercaya bisa menurunkan stres dan memperbaiki fungsi saraf dan kesehatan mental.

Itulah beberapa latihan senam diabetes yang bisa dilakukan untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk meminimalisir risiko yang terjadi.

Baca Juga: Wow, Hobi Joget TikTok Kamu Ternyata Bisa Bikin Sehat, Lho!!!

Baca Juga: Aksi Senam 'Ampun Bang Jago' saat Kudeta Myanmar Viral, Wanita Ini Beri Penjelasan

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.