Menu

Wajib Tahu, Ini 5 Instrumen Investasi untuk Pasangan Baru Menikah

24 November 2022 14:40 WIB
Wajib Tahu, Ini 5 Instrumen Investasi untuk Pasangan Baru Menikah

Pramuniaga menunjukkan emas untuk investasi atau batangan Antam di sebuah gerai emas di Malang, Jawa Timur, Kamis (10/3/2022). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc)

HerStory, Bandung —

Ketika baru saja menikah, pasangan akan dihadapkan dengan berbagai momen menantang. Misalnya, mengelola keuangan. Hal ini wajar menjadi tantangan awal bagi pasangan muda karena butuhnya penyesuaian bagi suami dan istri yang tengah membangun keluarga. Lalu, apa saja instrumen investasi yang cocok untuk keluarga muda?

1. Logam Mulia

Logam mulia tahan banting terhadap situasi geopolitik dan ekonomi apapun. Instrumen ini cocok untuk keluarga yang baru saja terjun ke dunia investasi karena nilainya stabil, bahkan cenderung naik.

2. Deposito

Melalui deposito, Moms bisa menyimpan dana dengan bunga sedikit lebih besar dari tabungan biasa. Selain itu, bisa juga menentukan berapa lama ingin menyimpan uang mulai dari bulanan hingg ajangka waktu beberapa tahun.

Namun, patut diperhatikan bahwa terdapat biaya penalti jika mengambil dana tersebut sebelum jatuh tempo. Perlu cari tahu besaran biaya karena setiap bank mengenakan kebijakan yang berbeda.

3. Reksadana

Jika Moms ingin memutar dana dengan keuntungan lebih, maka reksadana bisa jadi alternatif investasi. Instumen ini cocok ika ingin berinvestasi tanpa harus menganalisa pergerakan pasar dan situasi ekonomi terkini. Terdapat berbagai macam jenis reksadana yang bisa dipilih sesuai tujuan keuangan dan kisaran risiko.

Reksadana pasar uang dengan risiko paling kecil, resksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, serta reksadana saham yang risikonya paling besar.

4. Saham

Ketika sudah mulai siap dengan tantangan yang lebih besar, saham bisa dijadikan instrumen investasi pilihan. Sebagai pemula, baiknya Moms pilih saham berjenis blue chip, yakni perusahaan besar yang kondisi keuangannya stabil dan menjadi paling unggul di bidangnya.

5. Surat Berharga Negara

Surat Berharga Negara (SBN) ritel merupakan produk investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah Republik Indonesia. Salah satu keistimewaannya adalah Moms juga turu berkontribusi membangun pembangunan negara.

Singkatnya, Moms meminjamkan dana kepada pemerintah dalam kurun waktu tertentu. Nantinya, saat jatuh tempo, pemerintah akan mengembalikan dana secara penuh. Bahkan, setiap bulan akan ada imbal hasil berupa kupon yang dibayarkan ke rekening.

Itulah beberapa alasan serta tips pentingnya berinvestasi di awal pernikahan. Tetap sesuaikan denganĀ  profil risiko keluarga, ya, Moms.

Baca Juga: Wow! Harga Emas Antam Naik Lagi, Working Moms Siap Investasi?

Baca Juga: Duh! Harga Emas Antam Hari Ini Jalan di Tempat, Investasi Kamu Jadi Terhambat?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.