Menu

Enak Sih Enak, Ini Lho 4 Bahaya Langsung Rebahan Setelah Makan

24 November 2022 16:05 WIB
Enak Sih Enak, Ini Lho 4 Bahaya Langsung Rebahan Setelah Makan

seorang wanita yang sedang tiduran dan menutupi wajahnya

HerStory, Bekasi —

Banyak orang yang langsung rebahan atau bahkan tertidur setelah makan. Bukan hal yang sepenuhnya salah, ketika rasa kantuk datang tepat setelah selesai makan.

Secara ilmiah hal ini bahkan dapat dikatakan wajar. Namun untuk sedikit menahan kantuk lebih lama agar efek buruknya tak dirasakan, juga adalah pilihan yang bijak bukan?

Meski begitu, ternyata ada beberapa bahaya yang mengintai jika kamu langsung rebahan setelah makan. Dikutip via sindikasi Suara.com, berikut ulasannya.

1. Resiko Obesitas

Peningkatan berat badan yang signifikan bisa mengincarmu, kaum rebahan atau tidur setelah makan. Saat tidur, metabolisme tubuh menjadi lebih lambat sehingga kalori yang masuk tidak dapat dibakar sempurna. Ini yang menyebabkan resiko obesitas meningkat.

2. Penyakit Asam Lambung atau GERD

Bahaya langsung rebahan setelah makan yang kedua adalah meningkatnya resiko penyakit asam lambung. Posisi berbaring setelah makan bisa membuat makanan yang sedang dicerna kembali naik bersama dengan asam lambung, sehingga memicu terjadinya GERD. 

3. Mengalami Mimpi Buruk

Otak ‘dipaksa’ menjadi lebih aktif setelah ada makanan yang masuk ke dalam lambung. Hal ini membuat tidur kamu kurang nyenyak, dan mendorong terjadinya mimpi buruk. Akan jadi cukup mengganggu bukan jika kamu harus kekurangan waktu istirahat akibat mimpi buruk yang melanda?

4. Tidur Kurang Nyaman

Memang dorongan tidur yang muncul pasca sahur atau berbuka benar-benar besar, sehingga sering kali sulit ditahan. Tapi untuk kamu yang pernah mencoba tidur setelah makan, tentu paham benar rasanya bahwa waktu istirahat ini akan sangat tidak nyaman. Alih-alih mendapatkan waktu tidur yang berkualitas, justru kamu akan sulit tidur dan gelisah saat memejamkan mata.

Sebenarnya, bahaya langsung rebahan setelah makan ini bisa dicegah dengan memberikan jeda waktu atau interval setelah makan. Berikan jeda paling tidak 15 menit, agar lambung bisa bekerja sesuai dengan fungsinya dan dalam kondisi ideal. 

Baca Juga: Moms, Jangan Disuapi Melulu! Begini Tips Agar Anak Mau Makan Sendiri

Baca Juga: Waduh, Langsung Mandi Setelah Makan Ternyata Dapat Berbahaya bagi Kesehatan! Kok Bisa?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.