Menu

Jangan Panik, Moms! 5 Perubahan Vagina selama Hamil yang Wajib Kamu Tahu

24 November 2022 19:05 WIB
Jangan Panik, Moms! 5 Perubahan Vagina selama Hamil yang Wajib Kamu Tahu

Ilustrasi merawat area kewanitaan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Memasuki masa kehamilan, Moms akan merasakan perubahan fisik, salah satunya di area vagina. Mungkin perubahannya gak akan begitu terlihat di trimester pertama, namun memasuki trimester kedua dan ketiga Moms akan merasakannya.

Melansir Boldsky ada beberapa perubahan pada vagina di masa kehamilan. Kita-kira apa saja, ya? Yuk, simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini, Moms. 

1. Varises

Selama masa kehamilan, vagina mungkin akan mengalami varises yang disebabkan oleh adanya peningkatan aliran darah di daerah genital. Varises ditandai dengan pembengkakan, pembesaran, dan pembengkokan. Kondisi ini akan menyebabkan munculkan warna kebiruan atau ungu gelap. 

Varises pada vagina biasanya menghilang dalam beberapa minggu setelah melahirkan. Sebaiknya hindari duduk atau berdiri untuk waktu yang lama selama masa kehamilan, ya, Moms. 

2. Perubahan aroma dan rasa

Aliran darah ke bagian-bagian yang terlibat dalam persalinan, seperti vagina akan mengalami peningkatan selama kehamilan. Kondisi ini menyebabkan adanya pergantian keseimbangan pH di sekitar area vagina. 

Hal ini memicu perubahan aroma di sekitar daerah genital. Gak cuma aroma, rasa vagina bahkan juga dipercaya akan ikut berubah menjadi lebih asin dan seperti logam.

3. Vagina berwarna biru atau ungu

Masih disebabkan oleh perubahan aliran darah, area vagina juga mengalami pigmentasi selama masa kehamilan. Gak memengaruhi kulit yang terlihat di luar, tetapi juga dapat mempengaruhi labia dan vulva yang membuatnya tampak gelap kebiruan atau keunguan.

Jangan khawatir, Moms sebab warna vagina akan kembali normal pasca melahirkan. Biasanya perubahan warna labia, leher rahim, dan vagina bisa mulai terjadi paling cepat empat minggu kehamilan. 

Baca Juga: Catat! 7 Makanan Bergizi Ini Cocok Buat Bumil Lho!

Baca Juga: Dear Bumil, Catat 5 Manfaat Kurma Ini yang Bisa Bantu Proses Persalinan

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.