Menu

Isu Ancaman Resesi Tahun Depan, Pakar Keuangan Ken Handerson Beri Saran Lakukan Ini!

25 November 2022 06:05 WIB
Isu Ancaman Resesi Tahun Depan, Pakar Keuangan Ken Handerson Beri Saran Lakukan Ini!

Pakar Keuangan sekaligus Founder of @gatherich, Ken Handerson (kanan). (Riana/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu pernah mendengar tentang isu resesi belakangan ini? Sejumlah lembaga memperkirakan perekonomian global akan masuk jurang resesi pada tahun depan. Dampak dari kenaikan suku bunga yang signifikan dalam waktu singkat disertai lonjakan inflasi akan memukul berbagai sektor ekonomi.

Nah Beauty, resesi sendiri adalah kondisi pertumbuhan ekonomi riil tumbuh negatif atau dengan kata lain terjadi penurunan produk domestik bruto selama dua kuartal berturut-turut dalam satu tahun berjalan.

Terkait hal tersebut, Pakar Keuangan sekaligus Founder of @gatherich, Ken Handerson, mengatakan bahwa resesi ekonomi global memang telah membuat kekhawatiran di banyak negara. Namun, perekonomian Indonesia masih tumbuh positif. 

Adapun, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi negara masih mampu tumbuh lebih dari 5% (year on year) pada kuartal III-2022. 

“Ini adalah berita menggembirakan, akan tetapi kita tetap perlu waspada akan ketidakpastian global,” kata Ken, saat acara Fun Talk Show bertajuk ‘Resesi Global, Kesempatan atau Ancaman?’, dalam rangka merayakan ulang tahun Super You ke-3, di Maikeru Japanese Dinning, di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (24/11/2022).

Ken lantas menuturkan, salah satu hal yang dapat terjadi sebagai dampak ketidakpastian global ini adalah potensi kenaikan suku bunga demi memperlambat inflasi. Ketika suku bunga naik dapat membuat perlambatan ekonomi. 

“Adapun, dampak yang akan dirasakan adalah kemampuan daya beli masyarakat melemah karena berkurangnya penghasilan dan pengeluaran yang tinggi akibat harga kebutuhan pokok naik secara berkepanjangan,” paparnya.

Baca Juga: Geram Terus Diteror Jasa Asuransi, Rachel Vennya Kesal Sampai Sebut Kata Kasar

Baca Juga: Asik! Sequis Hadir untuk Bantu Kamu Atasi Kecemasan di Tengah Pandemi Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.