Menu

Tak Hanya Disebabkan Oleh Makanan Manis, Kebiasaan Ini Juga Bisa Membuat Gula Darah Meningkat, Cek! Kamu Sering Melakukannya Gak Beauty?

25 November 2022 17:55 WIB
Tak Hanya Disebabkan Oleh Makanan Manis, Kebiasaan Ini Juga Bisa Membuat Gula Darah Meningkat, Cek! Kamu Sering Melakukannya Gak Beauty?

Ilustrasi memeriksa tekanan darah. (Pixabay/Steve Buissinne)

HerStory, Jakarta —

Gula darah tinggi bukan hanya disebabkan konsumsi makanan manis saja, tetapi juga karbohidrat yang sifatnya sederhana atau mudah dipecah menjadi gula seperti nasi, roti dan mi.

Menurut Medical Affairs Kalbe Nutritionals dr. Adeline Devita, konsumsi berlebihan makanan manis dan memilih camilan tak tepat termasuk pola makan kurang baik, menjadi penyebab orang terkena diabetes.

“Penyebab orang terkena diabetes bisa karena faktor keturunan atau genetik, namun lebih dari 80 persen diabetes tipe 2 disebabkan gaya hidup yang sedenter atau jarang beraktivitas fisik,” jelasnya.

Diabetes tidak hanya menyerang orang berusia di atas 40 tahun, tetapi bisa terjadi pada orang usia 25-30 tahun. Gejala klasik diabetes pada umumnya yaitu sering merasa lapar, haus, dan buang air kecil di malam hari.

"Banyak makan, tetapi berat badan makin lama makin menurun karena nutrisi di dalam bahan makanan tadi tidak bisa diserap oleh tubuh, sehingga tidak menutrisi sel-sel di dalam tubuh. Gejala lainnya, mudah lelah, lemas, mengantuk,” tuturnya.

Baca Juga: Bukan Penderita Diabetes? Mungkin Ini Penyebab Gula Darah Tinggi

Baca Juga: Ini Tanda Peringatan Gula Darah Tinggi di Malam Hari, Waspada Diabetes Tipe 2!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Sri Handari