Beauty, buah bit alias beetroot biasanya dikonsumsi sebagai jus, smoothies, atau menjadi salah satu bahan salad. Tapi taukah kamu, kalau ternyata buah yang identik dengan warna merah ini juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit dan rambut kita.

Berkat berbagai kandungan bermanfaat di dalamnya? Buah bit berkhasiat untuk menjaga rona alami kulit hingga melawan kerontokan rambut. Mengutip dari cosmopolitan, Rabu (18/11/2020) berikut manfaatnya.

1. Memberikan rona pink yang cerah di wajah

Kandungan zat besi, fosforus, dan protein yang kaya pada buah bit dapat memberikan kulit merona merah jambu yang sehat. Selain itu, buah bit juga mengandung Vitamin C yang mencegah pigmentasi kulit sehingga menjaga rona wajah kita tetap bersinar. Memakai ekstrak buah bit di wajah dapat menghasilkan blush yang natural dan pastinya lebih aman dibanding memakai perona wajah buatan yang dipenuhi bahan kimia.

Selain diminum sebagai jus untuk menjaga darah tetap bersih dan membuang racun dalam tubuh, memakai jus bit ke kulit juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Parut potongan bit dan usapkan ke area wajah dan leher. Diamkan selama 10-15 menit sebelum dicuci bersih. Bila dilakukan secara rutin, masker buah bit ini dapat memberikan rona merah jambu pada kulit wajah.

2. Menjaga kulit tetap halus

Buah bit adalah obat alami untuk membuat kulit tetap halus tanpa rasa lengket. Kaya akan zat besi dan karotenoid, buah bit dapat menyerap dengan mudah ke dalam pori-pori kulit dan melembapkannya dari dalam.

Campurkan parutan buah bit dengan dua sendok tahu susu atau yogurt dan sedikit minyak almond lalu usapkan campuran tersebut ke kulit tubuh maupun wajah. Pijat lembut dan diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air dingin.

3. Mencegah jerawat

Buah bit juga bermanfaat mengatasi salah satu penyebab jerawat di muka, yaitu kulit berminyak dengan cara mengangkat minyak berlebih yang menumpuk di pori-pori kulit wajah. Selain itu, buah bit juga berfungsi sebagai antiseptik dan anti-mikroba yang mampu meredakan peradangan di daerah sekitar jerawat.

Campur jus buah bit dan jus tomat dengan proporsi yang seimbang lalu usapkan pada wajah sebagai masker alami. Biarkan mengering sekitar 15 menit lalu bilas sampai bersih.

Baca Juga: 4 Hal Ini Jadi Tanda Kulit Stres, Sudah Tahu?