Kesuksesan enggak bisa dicapai dengan cara yang instan. Enggak cuma memerlukan hard skill di dalamnya, soft skill enggak kalah penting dalam mencapai kesuksesan seseorang.

Ibu bekerja, mungkin selama ini kamu dengan mudahnya mempelajari keterampilan yang berhubungan dengan angka dan mengembangkan perangkat lunak. Tapi, apa jadinya kalau kamu enggak pandai dalam mengemabngkan sorft skill di dunia kerja?

Ketidakmampuan dalam membangun komunikasi dan relasi, misalnya. Hal ini bisa saja membawa kesuksesanmu ke jurang kehancuran dan membuatmu kehilangan pekerjaan lebih cepat. 

Setiap perusahaan tentu membutuhkan karyawan yang bisa mereka andalkan. Ini bukan hanya tentang memenuhi persyaratan dan pendidikan di dalamnya, tapi soft skill juga ikut dipertaruhkan.

Jadi, penting kamu lakukan untuk mendalami dan mempelajari soft skill untuk menuntunmu mencapai karier yang gemilang. Menyadur dari laman Times of India, Kamis (19/11/2020), berikut lima jenis soft skill yang bisa membawamu menuju kesuksesan.

Open minded

Memiliki pemikaran yang terbuka bagi seorang pekerja bisa menuntunnya menuju kesuksesan dengan cepat. Ibu bekerja, bisa enggak sih kamu ngebayangin orang yang enggak terbuka terhadap ide-ide baru? Enggak ada kebebasan berbicara maupun inovasi di dalamnya.

Memang, enggak melulu kamu harus setuju dengan orang lain, tetapi orang lain butuh didengarkan dan mendengarkan perspektif yang berbeda darimu. Mungkin saja ide darimu bisa membantu mereka menciptakan sesuatu yang baru dan lebih inovatif.

Baca Juga: Dear Ibu Bekerja, 5 Cara Ini Ampuh Hilangkan Stres dari Jam Kerja yang Melelahkan, Catat Ya!