Kabar tak menyenangkan datang dari Mamah Dedeh, ustazah kondang tanah air itu telah dinyatakan terpapar virus Covid-19 sejak Jumat, 13 November 2020. Setelah tes swab nya menunjukkan hasil positif, Mamah Dedeh kini dirawat di salah satu rumah sakit di Ciputat, Tangerang Selatan.

Siapa tak kenal Mamah Dedeh, Wanita pemilik nama asli Dedeh Rosidah Syarifudin ini identik dengan gaya dakwahnya yang ceplas-ceplos ala orang Betawi. Penyampaiannya kadang tegas, galak, dan juga mengundang tawa. 

Beliau lahir di Ciamis pada 5 Agustus 1951. Jauh sebelum terkenal, Mamah Dedeh pernah berceramah dari kampung ke kampung. Kini kehadirannya sebagai pendakwah merupakan angin segar, terutama karena dunia dakwah Indonesia selama ini didominasi oleh laki-laki. Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/11/2020) berikut profil dan perjalanan karir Mamah Dedeh.

1. Tumbuh di lingkungan keluarga religius

Mamah Dedeh menghabiskan masa kecil hingga remajanya di kota kelahirannya yakni, Ciamis. Mamah Dedeh tumbuh di lingkungan keluarga yang religius. Ia dibesarkan di lingkungan pesantren dengan kehidupan agama yang amat disiplin. Diketahui, Mamah Dedeh adalah putri dari seorang mubalig bernama Kiai Haji Sujai. Oleh sebab itu, bakatnya dalam berdakwah diturunkan dari sang ayah. Bahkan sejak belia, Mamah Dedeh telah terbiasa mengisi ceramah antar kampung.

2. Mengenyam pendidikan agama islam sejak dini

Setelah lulus SMP, Mamah Dedeh melanjutkan pendidikan SMA di Sekolah Pendidikan Guru Agama (PGA). Setelah lulus, sang ayah meminta agar putrinya tersebut berkuliah di Jakarta. Mamah Dedeh menuruti keinginan ayahanda dan menuntut ilmu di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah yang kini telah berubah menjadi Universitas Islam Negeri. Mamah Dedeh menempuh pendidikan di Fakultas Tarbiyah (pendidikan). Tak hanya kuliah, Mamah Dedeh juga mengasah kemampuannya berorganisasi dengan bergabung di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). 

Baca Juga: Dulu Perankan 'Mbok Ijah' di Sinetron Bidadari, Intip Profil dan Perjalanan Karier Barbie Kumalasari