Umumnya semakin bertambah usia janin, posisinya pun akan terbalik sehingga saat lahir nanti maka kepalanya duluanlah yang keluar. Namun, ada juga bayi yang lahir dengan bagian bawah tubuhnya atau bokong dan kaki lah yang keluar duluan. Kondisi ini disebut sebagai bayi sungsang.

Saat bayi dalam posisi sungsang sulit melakukan proses persalinan sehingga dokter lebih menyarankan untuk operasi caesar.

Akan tetapi, Moms juga bisa mengembalikan posisi bayi jadi normal dengan hanya di rumah saja. Melansir dari the Asian Parent (19/11/2020) HerStory sudah merangkum cara mengembalikan posisi bayi jadi normal kembali. Yuk dicek artikelnya, Moms!

1. Posisi push-up

Posisi ini dipercaya bisa membuat posisi bayi kembali menjadi normal. Untuk melakukannya Moms memerlukan bantuan orang lain. Caranya luruskan badan dengan menghadap ke lantai. Letakkan kaki lebih tinggi dari kepala, misalnya di atas kursi atau bantal yang disusun tinggi. Minta bantuan orang lain untuk menahan Moms agar tak terjatuh. Jangan lupa untuk meletakkan bantal di bawah perut agar perut tak langsung menyentuh lantai. Tahanlah posisi tersebut selama 30 detik lalu ulangi selama tiga kali.

2. Posisi terlentang

Cara ini sangat mudah dilakukan. Moms cukup berbaring di lantai menggunakan karpet atau alas yoga. Letakkan bantal di bawah pinggul dan pastikan posisi perut lebih tinggi dari kepala. Bernapaslah dalam-dalam, perlahan, dan usahakan rileks. Tahan posisi ini selama 15 menit. Lebih baik jika melakukan posisi ini saat perut dalam keadaan kosong dan bayi sedang aktif.

3. Posisi berlutut dengan dua tangan

Moms bisa melakukan posisi ini dengan kedua lutut dan telapak tangan menyentuh lantai lalu dorong panggul ke atas. Lalu goyangkan badan ke depan dan belakang secara pelan dan lakukan selama 5-15 menit. Disarankan menggunakan alas yang nyaman dan empuk agar lutut tak sakit.

Baca Juga: Moms Sering Sakit Maag di Masa Kehamilan? Tenang, Atasi dengan Cara Ini, Yuk!