Seperti yang diketahui olahraga memberikan berbagai manfaat tak terkecuali bagi ibu hamil. Bahkan dokter juga menyarankan Moms yang sedang dalam masa kehamilan untuk melakukan olahraga.

Bagi ibu hamil, olahraga dapat memberikan manfaat seperti mengurangi risiko kenaikan berat badan, mengurangi nyeri punggung, melancarkan sirkulasi dan berbagai manfaat lainnya. 

Namun, Moms juga perlu tahu bahwa ada beberapa olahraga yang harus dihindari bagi ibu hamil. Hmm, apa aja ya? Scroll aja yuk, Moms!

1. Sit up

Meskipun bermanfaat untuk melatih otot perut kencang dan stabil, tetapi lebih baik dihindari saat sedang dalam masa kehamilan. Posisi sit up akan membuat perut tertekan dan akan menghambat oksigen yang masuk ke janin. 

2. Aerobik

Meskipun Moms sudah sering melakukan senam aerbik saat sebelum kehamilan, lebih baik hindari melakukan aerobik di masa kehamilan terutama saat hamil besar. Seperti yang diketahui aerobik memiliki banyak gerakan sehingga akan membuat ibu hamil lebih mudah lelah sehingga berisiko pada kesehatan janin.

3. Sepak bola dan basket

Olahraga basket dan sepak bola memiliki risiko tinggi bagi ibu hamil terjatuh sehingga harus dihindari. Tak hanya itu, Moms juga dapat mengalami cedera seperti bertabrakan dengan pemain lain.

4. Menyelam

Di masa kehamilan lebih baik hindari olahraga ekstrim yang memiliki tekanan tinggi seperti scuba diving atau menyelam. Tekanan yang kuat dari dalam air akan memberikan risiko bagi kesehatan janin. Gas berupa gelembung udara juga akan mengakibatkan rasa nyeri, ruam hingga kelumpuhan.

5. Mendaki gunung

Moms yang memiliki hobi mendaki gunung lebih baik hentikan di masa kehamilan. Mendaki dapat mempengaruhi kesehatan janin karena tekanan yang berbeda di area gunung. Janin bisa saja kekurangan oksigen hingga risiko lainnya. Oleh karena itu lebih baik hindari mendaki gunung saat sedang hamil, Moms.

Nah, itu dia beberapa olahraga yang harus Moms hindari di masa kehamilan. Jika ingin berolahraga lebih baik lakukan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, pilates, yoga, berenang, dan sepeda statis.

Baca Juga: Benarkah Sit Up Bisa Bantu Hilangkan Lemak Perut?

Semoga bermanfaat, ya!