Menu

Mengenal Penyakit Varikokel, Varises di Kantong Testis Pria, PakSu Wajib Waspada Nih Moms! Cek Sederet Tandanya di Sini

28 November 2022 19:30 WIB
Mengenal Penyakit Varikokel, Varises di Kantong Testis Pria, PakSu Wajib Waspada Nih Moms! Cek Sederet Tandanya di Sini

Ilustrasi organ kelamin pria (Himedik/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Moms, coba tanya deh ke PakSu, apakah kamu atau dia pernah mendengar tentang penyakit varikokel?

Ya, varikokel sendiri adalah pembesaran pembuluh darah di testis, mirip dengan varises di kaki. 

Varikokel umumnya tak menimbulkan gejala, tetapi merupakan penyebab umum rendahnya produksi sperma dan berkurangnya kualitas sperma karena cenderung menaikkan suhu di sekitar testis.

Nah, perkembangan varikokel biasanya dimulai saat pubertas dan dapat berlangsung selama beberapa tahun. Meskipun dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit, jarang menimbulkan gejala atau komplikasi. 

Varikokel juga dapat menyebabkan perkembangan testis yang buruk, produksi sperma yang rendah, atau masalah lain yang dapat menyebabkan kemandulan. Pembedahan untuk mengobati varikokel mungkin disarankan untuk mengatasi komplikasi ini.

Gejala utama varikokel

Perlu kamu ketahui, Moms, varikokel biasanya terjadi di sisi kiri skrotum. Kemungkinan tanda dan gejala mungkin termasuk:

  • Nyeri: Nyeri atau ketidaknyamanan yang tumpul dan pegal lebih mungkin terjadi saat berdiri atau di sore hari. Berbaring sering mengurangi rasa sakit.
  • Massa di skrotum: Jika varikokel cukup besar, massa seperti "kantong cacing" dapat terlihat di atas testis. Varikokel yang lebih kecil mungkin terlalu kecil untuk dilihat tetapi terlihat dengan sentuhan.
  • Testis berukuran berbeda: Testis yang terkena mungkin terlihat lebih kecil dari testis lainnya.
  • Infertilitas: Varikokel dapat menyebabkan kesulitan menjadi seorang ayah, tetapi tidak semua varikokel menyebabkan kemandulan.

Baca Juga: Ukuran Mr P 'Pendekar' Katanya Disukai Banyak Wanita, Seperti Apa Sih Bentuknya? Intip Yuk Moms Di sini

Baca Juga: Sudah Lama Menikah Tapi Belum Punya Momongan? Eits... Jangan Salahkan Istri! Bisa Jadi Suami Kurang 3 Asupan Ini, Apa Saja Moms?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: