Pernahkah menstruasi membuat kamu enggak bisa tidur? Ya jelas pernah!

Banyak wanita dewasa dan masih menangis karena kram perut sampai enggak bisa tidur. Belum lagi, saat bangun tidur dan tiba-tiba noda merah sudah menghiasi sekitar kasur alias bocor. Aduh, pusing. 

Cobaan pagi hari suka datang tanpa permisi. 

Sebelum kita berbicara tentang mengurangi nyeri haid saat tidur, mari kita bahas terlebih dahulu mengapa hal itu memengaruhi tidur kita. Menurut National Sleep Foundation, wanita melaporkan tidur yang buruk selama dan sesaat sebelum menstruasi karena berbagai alasan, tetapi salah satu penyebab utamanya adalah kram. 

Gejala lain seperti sakit kepala, payudara empuk atau nyeri, mual atau diare, depresi atau kecemasan, dan lainnya juga dapat membuat wanita susah tidur. Tapi bukan hanya rasa sakit dan gejala fisik lainnya yang bisa membuat wanita sulit tertidur, menurut National Sleep Foundation, perubahan hormon yang terjadi selama menstruasi juga dapat memengaruhi seberapa baik dan seberapa banyak tidur.

Posisi Janin

Dikutip pembicaraan Glamour dengan Lisa Mindley, MD, yang mengatakan kepada majalah bahwa "tidur dalam posisi janin menghilangkan tekanan dari otot perut," karena hal itu menyebabkan otot rangka di sekitar perutmu untuk rileks. Pada dasarnya, semakin sedikit ketegangan di perut, semakin sedikit rasa sakit dan kram yang akan kamu alami.

Tidur dengan posisi janin juga dapat membantu mencegah kebocoran! 

Pose Anak Kecil

Jadi, ini mirip dengan posisi janin, tapi agak berbeda. Menurut Dr. Grossman, tidur dalam pose anak-anak, yang melibatkan melipat ke depan dan meletakkan kepala di kasur dengan lutut melengkung di bawah, dapat meredakan kram menstruasi.

Telentang

Tidur telentang memungkinkan kamu untuk memijat perut sebelum kamu tidur, yang menurut Grossman dapat membantu meredakan kram. Menggunakan terapi aroma dengan pijatan juga bisa membantu meredakan nyeri.

Menurut Healthline, minyak lavender dan kayu manis dapat membantu meredakan kram jika kamu menggunakannya selama pijat perut.

Melakukan sesuatu sebelum tidur

Sebelum Anda benar-benar tidur, Dr. Grossman menyarankan untuk meluangkan sedikit waktu untuk perawatan diri sendiri untuk membantu meredakan kram secara umum. Hal-hal seperti mandi atau berolahraga dapat meredakan kram menstruasi sebelum tidur.

Baca Juga: Halodoc Kenalkan Fitur Baru, Sekarang Beauty Enggak Perlu Ribet Catat Tanggal Menstruasi!

Masih belum ada obat yang pasti untuk PMS, tapi setidaknya sekarang Beauty tahu cara tidur yang lebih nyenyak saat sedang menstruasi.