Menu

3 Cara Menghindari Asam Urat dengan Mudah, Harus Dilakukan Secara Rutin!

29 November 2022 11:30 WIB
3 Cara Menghindari Asam Urat dengan Mudah, Harus Dilakukan Secara Rutin!

Siluet seorang wanita sedang melakukan Yoga. (unsplash/kike vega)

HerStory, Bandung —

Asam urat adalah bentuk penyakit arthritis yang umum terjadi pada orang dewasa. Enggak hanya menimbulkan rasa yang menyakitkan, asam urat juga bisa berujung pada komplikasi yang berbahaya bagi tubuh.

Namun, sebenarnya, asam urat bisa terjadi di segala usia, bahkan seseorang yang berusia muda bisa terkena asam urat lho. Lalu bagaimana cara mencegahnya? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan pasalnya dapat membuat tubuh lebih tahan terhadap insulin, yang mengarah pada resistensi insulin. Dalam kasus ini, tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan baik untuk mengeluarkan gula dari darah. 

Resistensi insulin juga meningkatkan kadar asam urat Penelitian menunjukkan bahwa menurunkan berat badan dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan menurunkan kadar asam urat. 

2. Rutin berolahraga 

Olahraga teratur bisa dilakukan untuk mencegah asam urat. Olahraga tidak hanya dapat membantu tubuh mempertahankan berat badan yang sehat, tetapi juga menjaga kadar asam urat tetap rendah. 

Studi yang melibatkan 228 pria, menemukan bahwa mereka yang berlari lebih dari 5 mil (8 km) setiap hari memiliki risiko 50 persen lebih rendah terkena penyakit asam urat. Hal ini juga disebabkan karena sebagian “membawa” lebih sedikit berat badan.  

3. Tetap terhidrasi 

Tetap terhidrasi dapat membantu mengurangi risiko serangan gout. Hal itu dikarenakan, asupan air yang cukup membantu tubuh mengeluarkan asam urat berlebih dari darah, membuangnya ke dalam urin. Jika kamu banyak berolahraga, maka lebih penting untuk tetap terhidrasi, karena mungkin kehilangan banyak air melalui keringat.

Itulah beberapa cara untuk mencegah terkena penyakit asam urat. Semoga bermanfaat, ya Beauty!

Baca Juga: Benarkah Baking Soda Bisa Mengobati Asam Urat? Cek Faktanya Yuk Moms!

Baca Juga: Deretan Sayur Pemicu Asam Urat, Sebaiknya Hindari Deh!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.