Selain rasanya yang manis dan segar, jeruk termasuk salah satu buah yang kaya nutrisi dan menyehatkan. Biasanya setelah makan jeruk, kamu langsung membuang kulitnya. Tapi taukah kamu, beberapa manfaat kulit jeruk ini bisa kita coba terapkan di rumah.

Kulit jeruk terkenal akan manfaatnya sebagai pengharum alami. Kulit jeruk dapat mengharumkan ruangan, interior rumah hingga peralatan dapur agar terhindar dari bau yang tak sedap. Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/11/2020) berikut manfaatnya.

1. Menetralisir Bau di Dalam Kulkas

Kulkas menjadi tempat untuk menyimpan berbagai macam makanan dengan aroma yang beragam. Untuk menetralisir wangi yang kurang menyenangkan tersebut, kulit jeruk bisa menjadi salah satu cara ampuh. Caranya, letakkan kulit jeruk pada mangkuk dan simpan di dalam kulkas. Wangi kulit jeruk akan menetralisir sekaligus menyegarkan kulkas.

2. Membersihkan Talenan

Talenan atau papan kayu untuk memotong sayuran bisa menjadi sarang bakteri. Untuk itu, diperlukan pembersihan menyeluruh agar kuman-kuman di dalamnya hilang. Caranya, gosokkan kulit jeruk pada talenan, bilas, dan keringkan di tempat panas. Kulit jeruk berguna sebagai disinfektan yang bisa menghilangkan bakteri.

3. Mengharumkan Tempat Cucian Piring

Tempat mencuci piring bisa saja terasa lembap dan menimbulkan aroma kurang menyenangkan. Untuk menghilangkan wangi tersebut, masukkan kulit jeruk ke dalam wadah es, tambahkan air dan bekukan. Setelah itu cairkan es batu berisi kulit jeruk itu di dalam bak cucian piring, biarkan wangi kulit jeruk menyeruak hingga aroma tak sedap menghilang.

Baca Juga: Gak Banyak yang Tahu, Ini 3 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kecantikan Wajah!