Micellar water mampu mengangkat kotoran dan makeup tanpa mengambil kelembaban kulit alami. Produk ini diformulasikan dengan molekul micellar yang secara aktif menarik makeup dan kotoran seperti magnet. Karenanya, micellar water mampu membersihkan wajah secara lebih cepat. Kamu tak perlu membilasnya lagi setelah pakai produk ini.

Banyaknya brand micellar water yang beredar di pasaran, pasti membuatmu bingung untuk memilih. Nah, kamu bisa mempertimbangan hal-hal berikut ini sebelum memutuskan untuk memakai produk yang mana. Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/11/2020) berikut tipsnya.

1. Kenali tipe kulitmu

Kenali tipe kulitmu. Apakah termasuk tipe berminyak, kering, kulit normal atau sensitif. Hal tersebut berfungsi sebagai acuan kita saat akan memilih suatu produk perawatan wajah. Misalnya untuk tipe kulit kering, bisa memilih micellar water dengan kandungan yang dapat melembapkan kulit. Sementara untuk tipe kulit sensitif, sebaiknya hindari produk micellar water dengan kandungan yang berpotensi memicu iritasi kulit, seperti alkohol atau fragrance.

2. Pilih produk yang berbahan dasar air

Sesuai namnya, micellar water memiliki bahan utama air. Pilihlah micellar water yang terbuat dari air yang sudah dijernihkan atau dimurnikan. Ini penting karena sebagian produk ada yang hanya menggunakan cosmetic quality water dimana jenis air ini masih menyimpan bakteri yang melepaskan endotoksin saat proses filtrasi. Bakteri ini jika meamsuki kulit ternyata dapat menimbulkan peradangan. 

3. Pilih produk yang dapat membersihkan makeup waterproof

Walau semua micellar water mampu mengikat kotoran, akan lebih baik jika kamu memilih produk yang bisa mengangkat makeup yang waterproof. Produk ini akan lebih menguntungkan karena kamu tak perlu mengusap wajah terlalu keras. Waktu untuk membersihkan makeup pun akan lebih singkat. Biasanya, micellar water yang dapat mengangkat makeup waterproof disertai dengan kandungan minyak. Meskipun begitu, ada pula produk yang menggunakan molekul minyak lebih kecil sehingga tak terlihat. Agar lebih yakin, kamu dapat memilih produk yang mencantumkan keterangan tersebut pada kemasannya.