Menu

Tahan Moms! Begini Cara Hadapi Mertua yang Toxic dengan Nyaman, Jangan Sampai Terjadi Perang Dunia Ya!

29 November 2022 20:20 WIB
Tahan Moms! Begini Cara Hadapi Mertua yang Toxic dengan Nyaman, Jangan Sampai Terjadi Perang Dunia Ya!

Ilustrasi mertua galak. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Tentu saja setiap orang pasti memiliki sifat yang bereda-beda termasuk cara mertua memperlakukan menantunya.

Hal ini bisa menjadi pengaruh dalam hubungan rumah tangga. Kamu termasuk orang yang beruntung apabila memiliki mertua yang sifatnya baik dan sangat mengayomi serta memaklumi. Namun, bagi beberapa orang yang tak beruntung bisa mendapatkan mertua yang toxic.

Tak sedikit pula cerita menantu yang memiliki mertua yang sifatnya kurang baik atau bahkan toxic. Sifat toxic dari mertua tentu membuat kita menjadi tak nyaman bahkan dapat menganggu keharmonisan runah tangga. Sifat toxic ini bisa bermacam-macam bentuknya. Mulai dari meremehkan menantu, suka ikut campur, dan lain sebagainya.

Kita perlu bijak dalam menghadapi mertua yang toxic. Karena jangan sampai kita terpancing emosi dan menimbulkan masalah, namun di sisi lain kita juga perlu membela diri. Berikut ini adalah 4 tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi mertua yang toxic.

1. Banyak Bersabar

Bagaimanapun juga, mertua juga merupakan orang tua kita juga. Terlebih anaknya sudah menjadi pasangan kita. Oleh sebab itu kita perlu menghormatinya. Maka dari itu ketika mertua memiliki sifat yang toxic, terlebih dahulu kita harus banyak-banyak bersabar. 

Jangan sampai kita terpancing emosi karena sifat toxic mertua. Karena emosi justru bisa menimbulkan masalah yang lebih besar. Selain itu sifat toxic mertua juga coba kita maklumi sebagai sifat orang tua yang ingin mengatur anaknya.

2. Bicarakan dengan Pasangan

Ketika kita tak nyaman dengan perilaku mertua yang toxic, jangan sungkan untuk membicarakan hal tersebut dengan pasangan kita. Karena sebagai anaknya sendiri, pasangan kita jauh lebih mengenal sifat dari mertua kita. Selain itu bisa juga dibicarakan solusi yang tepat untuk menyikapi kondisi tersebut. Dengan begitu, kita tak menghadapinya sendirian.

Baca Juga: Moms Terapkan dari Sekarang! Nagita Slavina Beberkan Trik Biar Suami Gak 'Jajan' di Luar, Dijamin Suami Betah!

Baca Juga: Tanpa Disadari, Ini 5 Sifat Buruk yang Sering Dianggap Sepele dalam Hubungan! Waspada Bisa Berujung Cerai Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza