Jerawat memang menjadi masalah umum bagi wanita. Salah satu penyebab munculnya jerawat dikarenakan tersumbatnya pori-pori oleh sel kulit mati. Jerawat memang memiliki berbagai jenis.

Namun, Beauty pernah dengar fungal acne? Mungkin nama ini masih terasa asing. Lalu apa sih fungal acne ini?

Melansir dari berbagai sumber, fungal acne terjadi karena infeksi jamur Malassezia furfur atau pityrosporum ovale yang biasanya banyak ditemukan pada folikel rambut.Fungal acne ini tak hanya muncul di wajah saja, tetapi di seluruh bagian tubuh.

Berdasarkan Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, fungal acne lebih sering ditemukan pada bagian dada, punggung atas lengan, dan sangat jarang timbul di wajah.

Namun jika fungal acne muncul di area wajah membuat sebagian orang menganggap itu adalah jerawat biasa.

Fungal acne memiliki bentuk seperti jerawat tetapi lebih kecil dan terasa gatal.

Kenapa fungal acne dapat muncul di kulit?

Beberapa alasan fungal acne dapat muncul pada kulit berhubungan dengan aktivitas sehari-hari misalnya sering menggunakan pakaian ketat (pakaian olahraga) dan berkeringat terlalu lama.Jika kamu tak langsung membersihkan dari dan berganti pakaian maka risiko mengalami fungal acne lebih tinggi.

Seseorang yang memiliki kelenjar keringat lebih banyak atau lebih sering berkeringat juga lebih berisiko mengalami fungal acne, terutama di daerah yang beriklim tropis.

Selain itu, menggunakan peralatan olahraga di tempat umum juga dapat membuat fungal acne muncul. 

Terdapat berbagai cara untuk mengatasi fungal acne iniseperti menjaga kebersihan tubuh dengan rajin mandi, keramas, dan berganti pakaian setelah olahraga. Jangan lupa juga untuk menggunakan sabun serta hindari pakaian yang ketat.

Baca Juga: Cegah Kerutan di Wajah, Cobain Menu Diet Ini, Yuk, Beauty!

Untuk menghindari munculnya fungal acne, kamu bisa menggunakan produk antijamur seperti flukonazol.