Dedeh Rosidah atau lebih akrab dikenal dengan sebutan Mamah Dedeh, beliau dikabarkan positif terpapar Covid-19 pada Jumat 13 November 2020. Ustazah kondang yang mengisi program TV 'Mamah dan aa ini sempat dirawat di salah satu rumah sakit Jakarta.

Setelah diberikan perawatan dan penanganan khusus, kini kondisi Mamah Dedeh sudah semakin membaik. Kabar itu disampaikan oleh Susanto, Ketua RW di Depok, tempat kediaman Mamah Dedeh tinggal. 

Beberapa bulan sebelumnya, pendakwah yang dikenal dengan jargon 'Curhat dong Mah!' ini ternyata sempat bikin geger satu tanah air, karena pernah diisukan meninggal dunia walaupun kondisi sebenarnya beliau tampak sehat dan baik-baik saja. Nah berikut fakta-fakta Mamah Dedeh yang belum kamu tahu. Merangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/11/2020) simak faktanya.

1. Diisukan meninggal Dunia

Mamah Dedeh pernah dikabarkan meninggal dunia pada Selasa 16 Mei 2020 silam. Hal ini bermula dari pesan berantai yang tersebar di media sosial. Isi pesan tersebut menyebutkan bahwa Mamah Dedeh meninggal dunia di salah satu rumah sakit swasta di Tangerang yakni Eka Hospital Bumi Serpong Damai. Namun, tak jelas penyebab meninggalnya. Setelah dilakukan penelusuran, ternyata kabar tersebut hanyalah hoaks alias bohong. Hal tersebut diklarifikasi oleh Abdel Achrian yang selama ini mendampingi Mamah Dedeh dalam program dakwah di televisi.

2. Alasan dibalik suara nyaring Mamah Dedeh

Mamah Dedeh memang terkenal dengan gaya penyampaian dakwahnya yang bersuara nyaring dan lantang, karenanya Mamah Dedeh kerap disalah pahami sebagai orang yang galak. Namun ternyata, ada alasan dibalik suara nyaring Mamah Dedeh.

Abdel mengungkapkan bahwa sebetulnya mamah Dedeh bukan sosok yang galak, menurutnya mamah Dedeh sering berbicara keras-keras karena dulunya pernah tinggal di dekat penggilingan padi. Rumahnya yang terlalu dekat dengan penggilingan padi membuat Mamah Dedeh harus berteriak-teriak saat berbincang dengan anggota keluarga lain. 

Baca Juga: Alhamdulillah, Mamah Dedeh Sembuh dari Infeksi COVID-19