Istilah masuk angin memang sudah jadi hal yang lumrah beredar di masyarakat Indonesia. Masuk angin dipercaya sebagai sebuah kondisi saat perut terasa kembung, meriang, sakit kepala, badan pegal linu.

Namun, tahukah kamu jika sebenarnya masuk angin enggak ada dalam istilah medis lho. Lalu sebenarnya apa itu masuk angin ?

Melansir dari laman aura.co.id, Sabtu (21/11/2020) Seorang spesialis penyakit dalam dr. L. Aswin Pramono, membenarkan jika masuk angin enggak ada dalam istilah medis. Namun secara medis kondisi masuk angin bisa dijelaskan. 

Orang awam mempercayai jika masuk angin sebagai proses masuknya angin ke bagian tubuh tertentu misalnya di saluran cerna atau saluran napas. Namun kondisi yang sebenarnya enggak seperti itu. 

Masuk angin yang sebenarnya adalah gejala-gejala yang ditimbulkan dari berbagai penyakit. Kondisi yang disebut masuk angin bisa jadi disebabkan oleh flu, radang saluran napas, kembung, pegal, asam lambung naik, atau ketika badan kelelahan. 

Walaupun begitu, masuk angin bukan termasuk salah satu penyakit yang berbahaya. Namun kondisi ini bisa menjadi tolok ukur tubuh yang sedang mengalami kelelahan, butuh istirahat, tidur, olahraga, dan makan yang cukup.

Bagaimana Beauty, apakah kamu termasuk salah satu orang yang keliru selama ini dengan istilah masuk angin?