Corona virus atau dikenal dengan Covid-19 saat ini masih belum berakhir. Belum lama ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan bahwa Januari 2021 sekolah tatap muka diperbolehkan. Duh, tapi Moms pasti masih takut jika si kecil berinteraksi dengan orang lain dan menyentuh benda sehingga terpapar Covid-19.

Salah satu cara untuk menghindari virus corona adalah jangan menyentuh wajah. Namun, si kecil bisa saja tanpa sadar menyentuh wajahnya. Lalu, bagaimana cara yang tepat agar si enggak lagi menyentuh wajahnya ya?

Melansir dari Parents.com (23/11/2020), ini dia tips jitu supaya si kecil enggak lagi menyentuh wajahnya. Scroll aja, Moms!

1. Berikan sesuatu di tangan si kecil

Supaya si kecil tak terlalu sering menyentuh wajahnya, berikan mainan yang dapat membuat tangannya menjadi sibuk. Moms bisa berikan fidget spinners atau rubik untuk menyibukkan tangan mereka. Selain itu, pastikan benda yang mereka sentuh steril.

2. Pastikan rambut si kecil tak menyentuh wajahnya

Rambut yang keluar-keluar, tidak rapi, atau berantakan bahkan hingga menyentuh muka tentu sangat mengganggu, Belum lagi rasa menggelitik karena beberapa helai rambut menyentuh kulit wajah. Akibatnya, tanpa disadari tangan menyentuh wajah untuk menyingkirkan rambut yang mengganggu itu. Untuk itu, Moms harus pastikan rambut si kecil dalam keadaan rapi dan tidak menyentuh wajah.

3. Berikan tisu pada si kecil

Mulai biasakan anak untuk menggunakan tisu jika ingin menyentuh wajahnya. Misalnya saat kulit wajah terasa gatal atau sedang pilek, usahakan si kecil menggunakan tisu untuk mengurangi kontak dengan tangan. Jangan lupa ajarkan si kecil untuk rutin mencuci tangan.

4. Jaga jarak dengan orang yang sakit

Cara ini menjadi yang terpenting agar terhindar dari paparan Covid-19. Ajarkan si kecil untuk jaga jarak jika melihat seseorang di lingkungannya sedang sakit seperti batuk dan pilek.

Baca Juga: Moms Catat Ya! Ini Ciri-ciri Masa Pubertas Anak Perempuan

Mengajarkan anak untuk mengikuti protokol kesehatan sangat penting, ya Moms agar terhindari dari paparan virus corona. Semoga bermanfaat!