Kubis atau kol ungu adalah salah satu sayuran berwarna yang biasa kamu temukan dalam salad. Kubis ungu memiliki citarasa yang tak jauh berbeda dengan kol yang berwarna hijau. Namun, kubis ungu mengandung vitamin A sepuluh kali lebih banyak dari kol hijau.

Kubis ungu kaya akan berbagai nutrisi, mulai dari protein, karbohidrat, serat, potassium, thiamine, dan riboflavin. Selain itu, ada juga sedikit zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, tembaga, dan zink. Kubis ungu juga mengandung vitamin C yang tinggi serta mengandung vitamin K, A, dan B6. Merangkum dari berbagai sumber, Senin (23/11/2020) berikut sederet manfaat kubis ungu.

1. Menjaga kesehatan jantung

Penelitian yang diterbitkan dalam PubMed Central Circulation menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan yang mengandungan antosianin seperti warna ungu dalam kubis, mampu menurunkan risiko serangan jantung 11-12% lebih besar dari orang yang jarang makan makanan dengan kandungan antosianin.

2. Melancarkan sistem pencernaan 

Karena kandungan seratnya yang tinggi, kol ungu menjadi sayuran yang mampu membersihkan usus dan menjaga sistem pencernaan sehat dan lancar.