Apakah kulit kepalamu tiba-tiba terasa gatal, peradangan, dan memerah? Rasa gatal ini bisa disebabkan atau dipicu dari kondisi kulit itu sendiri, seperti ketombe dan eksim atau bisa juga reaksi dari suatu produk serta perubahan cuaca. Bagaimana cara mengatasinya?

Kulit kepala adalah tempat rambut tumbuh, jadi, sangat penting untuk menjaganya agar tetap sehat dan memberikan perhatian ekstra pada sumbernya. Mengutip dari laman cosmopolitan, Senin (23/11/2020) berikut tips mengatasi kulit kepala gatal.

1. Rutin membersihkan rambut

Kulit kepala yang kotor menghasilkan helai rambut kusam dan berminyak, sehingga sangat penting untuk keramas setelah kamu mengalami hari yang panjang dan berkeringat. Selain itu, batasi penggunaan dry shampoo setiap hari, karena hal ini merupakan pemicu kulit kepala yang mudah gatal.

2. Ganti sampo 

Kulit kepala seperti kulit di wajahmu. Artinya, menggunakan sampo alias pembersih hingga membuat kulit kepala terasa kering sangat tak disarankan! Cobalah beralih menggunakan sampo dengan kandungan bahan-bahan yang khusus berkhasiat melembapkan kulit kepala sekaligus meredakan rasa tak nyaman karena gatal.