Menu

Waduh, Langsung Mandi Setelah Makan Ternyata Dapat Berbahaya bagi Kesehatan! Kok Bisa?

24 November 2020 16:20 WIB
Waduh, Langsung Mandi Setelah Makan Ternyata Dapat Berbahaya bagi Kesehatan! Kok Bisa?

Ilustrasi seorang wanita sedang mandi. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu termasuk salah satu orang yang sering mandi setelah makan? 

Mandi setelah makan mungkin jadi hal yang dianggap biasa oleh kebanyakan orang. Apalagi, ketika makan suhu tubuh mengalami peningkatan yang membuat badan menjadi gerah, hal tersebut lah yang membuat mandi setelah makan dirasa jadi pilihan yang tepat.

Tapi kira-kira Beauty pernah dengar engga sih larangan untuk enggak langsung mandi setelah makan?

Larangan langsung mandi setelah makan memang sering dianggap sebagai mitos. Walaupun begitu, bukan berarti langsung mandi setelah makan bisa dijadikan kebiasaan. Pasalnya, menurut pakar kesehatan, langsung mandi tanpa memberikan waktu jeda setelah makan dapat menyebabkan vasodilatasi atau pembesaran pembuluh darah.

Hal tersebut terjadi karena metabolisme tubuh akan meningkat setelah makan yang ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh. Pada kondisi tersebut apabila langsung menyiram tubuh dengan air dingin maka akan memberikan efek kejut pada permukaan kulit yang dapat memicu pelebaran pembuluh darah. 

Enggak hanya itu, efek kejut ketika langsung mandi setelah makan tersebut juga tak bisa dianggap hal sepele, karena dapat memicu kram terutama pada daerah perut. 

Ada baiknya jika setelah makan berikan jeda waktu sebentar kurang lebih 30 menit sebelum mandi atau sebelum melakukan aktivitas fisik lainnya.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Berapa Kali Sehari Harusnya Mandi?

Baca Juga: Wajib Coba! Selain Relaksasi Diri, Mandi Air Panas Bisa Cegah Penyakit Jantung hingga Stroke

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.