Menu

Kanker Usus Mematikan! Ini Sederet Perubahan Kebiasaan BAB dan Tanda pada Feses yang Harus Diperhatikan

08 Desember 2022 07:35 WIB
Kanker Usus Mematikan! Ini Sederet Perubahan Kebiasaan BAB dan Tanda pada Feses yang Harus Diperhatikan

Ilustrasi sedang buang air besar. (Freepik/gpoinstudio)

HerStory, Bogor —

Beauty, usus adalah bagian integral dari sistem pencernaan kita. Usus adalah tabung berotot berongga, terletak di bagian bawah saluran pencernaan yang mengalir dari perut ke anus. 

Fungsi dasar usus sendiri adalah untuk mencerna makanan, menyerap nutrisi ke dalam aliran darah, kemudian mengolah dan membuang limbah yang tidak dapat digunakan oleh tubuh.

Dan kanker usus sendiri terjadi ketika sel-sel di usus besar mulai tumbuh tak terkendali, Beauty. Itu juga disebut kanker usus besar tergantung di mana kanker itu dimulai, kata Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS).

Sementara gejala kanker usus mungkin tak terlalu terlihat pada tahap awal, tapi nyatanya ada tanda-tanda tertentu yang dapat membantumu mendeteksinya tepat waktu. 

Menurut Dr Belinda Griffiths, GP dari The Fleet Street Clinic, hampir semua penderita kanker usus mengalami buang air besar lebih sering.

Meskipun tak ada jumlah buang air besar yang 'normal', karena dapat terjadi dari tiga kali sehari hingga tiga kali seminggu, banyak pasien kanker usus mendapati diri mereka lebih sering ke toilet. 

Namun, bukan berarti semua sering buang air besar merupakan tanda kanker usus, Beauty. Sebaliknya itu bisa menjadi tanda bahwa seseorang memiliki lebih banyak serat atau biji-bijian dari biasanya, menurut Mayo Clinic.

Baca Juga: Waspada Kolesterol Tinggi, Kondisi Buang Air Besar Seperti Ini Bisa Jadi Pertanda Bahaya!

Baca Juga: Merasa Nyeri saat BAB? Awas, Bisa Jadi Gejala Kanker Lho, Perhatikan Tandanya Nih!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: