Menu

Miris! Dokter Sebut Kematian di Event Olahraga Sudah Biasa, Kenali Gejala Serangan Jantung Penyebab Mati Mendadak!

08 Desember 2022 17:45 WIB
Miris! Dokter Sebut Kematian di Event Olahraga Sudah Biasa, Kenali Gejala Serangan Jantung Penyebab Mati Mendadak!

Ilustrasi seseorang mengalami serangan jantung (Freepik/Jcomp)

HerStory, Jakarta —

Kasus kematian saat olahraga tampaknya bukan hal baru sebab banyak kejadian ini kerap menimpa beberapa orang hingga para atlet. Hal ini disepakati oleh Sport Medicine Specialist, dr. Andhika Raspati, SpKO yang menyebutkan bahwa fenomena ini bukanlah hal yang mengejudkan.

Hal tersebut disampaikannya dalam pembukaan toko kedua HOKA di Mall Senayan City (7/12/2022). Adapun yang menyebabkan kondisi ini terjadi biasanya adalah gangguan jantung.

Ia menjelaskan bahwa ada dalam penelitian ditemukan bahwa ada dua kemungkinan kematian mendadak akibat gangguan jantung, yaitu sumbatan jantung dan pembesaran jantung.

Meski begitu, dr. Andhika menyebutkan bahwa kondisi ini gak akan terjadi secara instan dalam semalam saja. Ia menegaskan bahwa pemicunya pasti sudah terjadi dalam jangka waktu tertentu.

"Tetapi, kedua penyakit ini tidak bisa terjadi begitu saja dalam satu malam. Butuh waktu berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan bertahun-tahun," jelasnya.

Baca Juga: Gak Hanya Orang Tua, Serangan Jantung Juga Harus Diwaspadai Anak Muda, Ini 3 Penyebabnya!

Baca Juga: Sering Disepelekan, 3 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bahaya Bagi Jantung, Nyawa Taruhannya Moms

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.