Banyaknya produk kondisioner rambut yang bereedar di pasaran, tentunya bikin kamu bingung saat mencari produk yang cocok. Nah, kamu bisa memilih kondisioner sesuai tekstur dan jenis rambutmu.

Tipe rambut keriting, ikal, bergelombang, ataupun lurus tentunya butuh penanganan berbeda. Karenanya, kamu disarankan untuk menggunakan kondisioner yang difokuskan untuk masing-masing jenis rambut. Mengutip dari pickybest.id, Selasa (24/11/2020) berikut tipsnya.

1. Rambut Keriting 

Rambut yang keriting butuh perawatan lebih agar mudah diatur. Bagi kamu yang memiliki jenis rambut sangat ikal alias keriting, carilah kondisioner yang mengandung beragam jenis minyak, seperti minyak kelapa dan minyak argan Maroko untuk membantu melembapkan rambut. Kamu bisa memilih kondisioner dengan kandungan shea butter. Untuk membantu melemaskan rambut yang keriting, kurangi kegiatan keramas menjadi 7–10 hari atau bahkan 14 hari sekali, sehingga minyak alami rambut tak hilang dan menyebabkan rambut kering.

2. Rambut Ikal

Kondisi rambut kering dapat dialami orang-orang berambut ikal. Kondisioner yang cocok untuk pemilik rambut ikal adalah yang mengandung pelembap kuat, sehingga mencegah rambut terasa kering, kusam, dan gampang kusut. Pakailah Kondisioner yang berlabel “deep hydrating” pada label kemasannya, atau memang diperuntukkan khusus rambut ikal. Agar bahan pelembapnya menyerap sempurna, kamu perlu membiarkan kondisioner menempel pada rambut selama 10–15 menit, lalu bersihkan seperti biasanya. Jenis kondisioner semprot juga bisa kamu pilih untuk menjaga rambut tetap lembap dan lembut, baik dalam kondisi basah ataupun kering. Hanya saja, pastikan agar kamu membilasnya hingga bersih. 

Baca Juga: Tak Hanya Membuat Relax, Ini Manfaat Lain Creambath untuk Kesehatan Rambut