Menu

Waspada Beauty... Ini Sederet Gejala 'Depresi Usus' yang Terkait Erat dengan Covid-19, Risiko Infeksinya Ngeri!

09 Desember 2022 12:40 WIB
Waspada Beauty...  Ini Sederet Gejala 'Depresi Usus' yang Terkait Erat dengan Covid-19, Risiko Infeksinya Ngeri!

Ilustrasi saki perut bagian kanan sebagai tanda dari usus buntu. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, sistem usus manusia sangat luas dan beragam. Terdiri dari 100 juta?100 triliun mikroorganisme dan gen mereka mengatur saluran pencernaan. Mikroorganisme ini pun bekerja melalui jalur yang kompleks dan memastikan kesehatan yang baik.

Interferensi patogen asing apa pun dalam sistem yang kompleks ini mengganggu mode aktivitas normal populasi ini. Bukan hanya infeksi, gaya hidup sembarangan juga bisa mengganggu mikrobioma usus.

Dan tahukah kamu, Beauty, ternyata infeksi virus Corona secara langsung mengganggu keseimbangan sehat mikroba di usus, lho.

Tim peneliti yang didanai NIH, dipimpin oleh Drs. Ken Cadwell dan Jonas Schluter di Fakultas Kedokteran Universitas New York, menyelidiki bagaimana virus corona memengaruhi mikroba usus pada tikus. 

Studi yang dipublikasikan di Nature Communications pada 1 November 2022 menemukan bahwa pasien Covid-19 mengembangkan ketidakseimbangan dalam mikrobioma usus yang membuat infeksi bakteri yang resistan terhadap antibiotik menjadi dominan yang disebut depresi usus.

Studi tersebut mengatakan bahwa hal ini menempatkan pasien pada risiko infeksi bakteri sekunder yang lebih tinggi.

Beberapa gejala Covid-19 terkait dengan lambung dan sistem pencernaan

Selain gejala khas seperti batuk, demam, pilek, ada beberapa gejala Covid-19 terkait sistem pencernaan.

Selama gelombang awal infeksi Covid-19, orang-orang melaporkan mengalami sakit perut, diare, dan kehilangan nafsu makan. Sebuah penelitian menemukan bahwa hingga 34% pasien Covid-19 mengalami diare.

Tetapi pengetahuan seputar gejala terkait perut karena Covid-19 pada awalnya tak diketahui karena fakta umum bahwa sebagian besar penyakit pernapasan.

Baca Juga: Sudah Dibuka untuk Umum, Privy Dukung Sentra Vaksin Booster Kedua Bareng Kemenparekraf

Baca Juga: Sudah Dibuka untuk Umum, Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Vaksin Booster Covid-19 Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.