Menu

Penderita Diabetes Wajib Waspada, Ini 5 Komplikasi Penyakit Diabetes yang Bisa Terjadi pada Mata

09 Desember 2022 12:10 WIB
Penderita Diabetes Wajib Waspada, Ini 5 Komplikasi Penyakit Diabetes yang Bisa Terjadi pada Mata

Ilustrasi bercak darah di mata penderita hipertensi (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Bandung —

Diabetes merupakan kondisi tingginya kadar glukosa dalam darah. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk mengolah glukosa menjadi energi dengan baik. Diabetes pun ternyata memiliki berbagai komplikasi penyakit yang mungkin muncul, salah satunya komplikasi di bagian mata. 

Pasalnya, banyak penderita diabetes yang membiarkan kondisi ini. Gejala yang muncul pun bisa berupa penglihatan yang kabur atau bahkan kebutaan. Berikut beberapa komplikasi diabetes pada mata yang mungkin terjadi, diantaranya:

1. Glaukoma

Glaukoma merupakan komplikasi diabetes pada mata yang umum ditemui. Risiko para penderita diabetes untuk mengalami glaukoma pun sekitar 40 persen.

Glaukoma sendiri disebabkan oleh terlalu banyaknya cairan pada bola mata. Hal ini terjadi karena cairan di dalam mata tidak dapat mengalir dengan benar.

Penumpukan cairan akan mengganggu sistem kerja indra penglihatan dengan menyebabkan tekanan berlebih pada pembuluh darah dan saraf-saraf mata. Inilah yang lama-kelamaan akan menyebabkan kerusakan saraf.

Saat saraf mata rusak, sinyal yang menyampaikan hal yang kamu lihat ke otak akan terganggu. Awalnya gangguan mata karena diabetes ini akan menimbulkan padangan mata buram. Namun, jika diabaikan, lama-kelamaan bisa menyebabkan hilangnya penglihatan atau kebutaan.

Beberapa tanda lain dari glaukoma adalah munculnya blind spot atau titik hitam yang melayang pada penglihatan tengah dan tepi.

2. Katarak

Katarak adalah salah satu penyakit mata karena komplikasi diabetes yang memiliki gejala awal pandangan mata buram. Diabetesi memiliki risiko 60% lebih besar untuk terserang katarak dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki gula darah tinggi.

Pada mata yang mengalami katarak, pandangan seolah-olah seperti tertutup kabut dan sering kali disertai gejala mata berair. National Institute of Diabetes menjelaskan bahwa komplikasi diabetes yang menyebabkan katarak terjadi karena penumpukan gula darah (sorbitol) pada lensa mata.

Baca Juga: Mematikan, Begini Cara Mencegah Komplikasi Diabetes yang Tepat, Jangan Diabaikan Moms, Catat!

Baca Juga: Penderita Diabetes Wajib Tahu, Ini Alasannya Mengapa Harus Selalu Pakai Alas Kaki

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.