Noda pada wajah adalah kenyataan yang enggak menguntungkan sama sekali dalam hidup semua orang. Penggunaan skin care dan segala masker sangat digandrungi demi menghilangkan noda di wajah, terutama komedo.

Pernahkah Beauty lelah menemukan jenis masker sampai akhirnya ingin membuat sendiri agar lebih jelas kandungannya? Tapi bingung bagaimana caranya?

Tenang, ada masker wajah yang terbuat dari arang yang dapat menghilangkan komedo membandel dan jerawat. Arang atau charcoal banyak ditemukan pada beberapa bahan masker, dan kamu juga bisa membuatnya sendiri. 

Tenang, meski terbuat dari arang aktif, enggak akan bikin wajahmu hitam permanen, kok. Dengan beberapa bahan lain, arang aktif bisa dirubah menjadi masker sehat.

Berikut ini cara membuat masker charcoal dilansir dari momtastic.com.

Bahan:

2 kapsul arang aktif (Pastikan menggunakan arang 'aktif'. Bisa dibeli di toko obat.)

3 sdm. minyak zaitun

1/3 cangkir gula organik

Cara membuat:

Langkah 1: Takar semua bahan dan taruh ke dalam mangkuk.

Langkah 2: Campur semua bahan.

Langkah 3: Oleskan satu sendok teh campuran bahan ke wajahmu dan gosok dengan ujung jari dalam gerakan melingkar.

Langkah 4: Gunakan kain lap wajah yang dibasahi dengan air hangat untuk menyeka masker. Proses mencuci wajah ini harus bersih, tergantung dari ukuran pori-pori. Kamu mungkin harus mencuci dan membilas wajah beberapa kali untuk menghilangkan sisa arang jika pori-porimu besar. Jangan sampai ada yang tertinggal. 

Langkah 5: Setelah selesai, masukkan sisa bahan tadi (jika sisa) ke dalam mason jar dan simpan di lemari es. Bahan ini bisa tahan sampai tiga minggu. Selanjutnya, kamu harus melakukan eksfoliasi dengan scrub ini setidaknya dua kali dalam seminggu.