Kesetrum listrik terjadi ketika seseorang berhubungan langsung dengan sumber listrik, misalnya dari perangkat elektronik yang rusak. Sengatan ini bisa terjadi ketika arus listrik mengalir dari stop kontak listrik ke bagian tubuh

Dalam keadaan ringan, korban tersengat listrik dapat mengalami kerusakan kulit dan luka bakar. Sementara itu, jika yang terjadi adalah sengatan listrik tegangan tinggi luka berat bahkan kematian mungkin tak bisa dihindari lagi. Karenanya pahami langkah pertolongan pertama sebagai upaya menyelamatkan nyawa. Merangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/11/2020) simak caranya.

1. Jangan menyentuh korban yang kesetrum listrik

Jika korban yang mengalami kesetrum listrik masih bersentuhan dengan sumber listrik, jangan sentuh dia. Jika kamu mencoba menyentuhnya maka aliran listrik akan mengalir ke tubuhmu dan pastinya kamu juga akan ikut kesetrum. Hal ini karena manusia adalah penghantar listrik yang baik, atau juga dikenal dengan konduktor. Jika ingin menolong korban sengatan listrik pastikan tubuh dalam keadaan kering dan menggunakan sepatu, serta sarung tangan berbahan karet. Bahan karet adalah penghantar listrik yang buruk, sehingga bisa menghindarkan diri dari kesetrum.

2. Segera matikan sumber listrikĀ 

Jika memungkinkan, matikan sumber aliran listrik. Cara ini dapat membuat sengatan listrik pada tubuh seseorang berhenti dengan cepat. Segera cabut kabel atau sekring. Ingat, pastikan kamu menggunakan pelindung. Gunakan benda yang tak menghantarkan listrik atau isolator, seperti selimut, gagang sapu, atau kain.

3. Jauhkan korban dari sumber listrik

Jika tak dapat mematikan sumber listrik, cobalah untuk menggeser korban dari sumber listrik. Sebelum melakukan ini, pastikan kamu berdiri di permukaan yang kering seperti di atas keset berbahan karet atau tumpukan buku. kamh juga bisa mendorong korban agar jauh dari sumber listrik dengan menggunakan benda berbahan kayu yang kering misalnya gagang sapu.

Baca Juga: Moms, Jangan Panik! Simak Langkah Pertolongan Pertama Saat Bayi Jatuh dari Tempat Tidur