Memiliki benjolon pada bagian tubuh tentu jadi hal yang mengkhawatirkan. Salah satunya jika benjolan tersebut ada di bagian kewanitaan. Namun, kamu harus tahu bahwa sebagian besar benjolan sebenarnya sama sekali tak berbahaya dan tak perlu dikhawatirkan.

Tentu saja, beberapa jenis benjolan perlu diperhatikan lebih dalam dan itu mungkin menunjukkan kondisi kesehatan yang lebih serius, tetapi kamu perlu mengetahui kapan harus khawatir dan kapan harus memeriksakan ke dokter.

Bicara soal benjolan di sekitar miss v, ini bisa menjadi kista sebasea (sumbatan kelenjar minyak) atau bisa juga menjadi kista Bartholin (sumbatan kelenjar bartholin).

"Kelenjar Bartholin di kedua sisi vagina bagian bawah mengeluarkan cairan pelumas. Jika terjadi sumbatan, tentu akan menyebabkan benjolan atau kista," jelas dokter Catti Moss dari Royal College of General Practitioners dikutip Cosmopolitan (25/11/2020).

Kapan Harus ke Dokter?

Baca Juga: Wah! Ternyata Rambut Miss V Punya Banyak Fungsi, Salah Satunya Bisa Atur Suhu Tubuh, Lho!

Dokter Catti menyarankan untuk periksa ke dokter jika benjolan terus tumbuh besar seiring berjalannya waktu ditambah rasa sakit yang ditimbulkan. Pasalnya banyak wanita yang mengalami kutil kelamin, namun tak terdiagnosis padahal pengobatannya sangat mudah dilakukan.