Menu

Gigi Sering Terasa Sakit? Mungkin Ini Pemicunya

Nada Saffana
26 November 2020 17:00 WIB
Gigi Sering Terasa Sakit? Mungkin Ini Pemicunya

Ilustrasi sakit gigi. (Pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Kesehatan gigi memang kerap kali diacuhkan. Enggak heran deh kalau banyak orang mengalami masalah sakit gigi. Namun, rasa nyeri pada gigi bisa disebabkan oleh banyak hal.

Sakit gigi menandakan ada sesuatu yang salah dalam suatu rangkaian gigi. Seperti diketahui bahwa makan, mengunyah, dan menggigit  makanan setiap hari menimbulkan beban berat pada gigi. Dan ini bisa jadi salah satu pemicu rasa sakit pada gigi.

Dr. Julius Manz, direktur program kebersihan gigi di San Juan College di Farmington, New Mexico, dan juru bicara Amerika. Dental Association (ADA) menjelaskan bahwa makan sesuatu yang terlalu panas atau mengunyah sesuatu yang terlalu dingin dapat menyebabkan rasa sakit.

"Jadi (rasa sakit) benar-benar merupakan mekanisme perlindungan lebih dari apapun," kata Dr. Manz dikutip Medical Daily (26/11/2020).

"Gigi kita memiliki tiga lapisan. Hanya satu dari lapisan ini, yaitu pulpa atau lapisan gigi yang paling dalam, yang menimbulkan rasa sakit. Pulpa mengandung pembuluh darah dan saraf, yang memicu rasa sakit," lanjutnya.

Nyeri adalah satu-satunya sensasi yang dapat direspon oleh saraf di pulpa. Saraf di pulpa enggak merasakan suhu, justru itu merasakan sakit. Dan saat saraf pulpa merasakan sakit, tubuh juga ikut merasakannya.

Namun, pulpa bukanlah satu-satunya sumber sakit gigi. Ligamentum periodontal menempelkan gigi ke tulang rahang dan merasakan posisi gigi saat mengunyah bisa juga terasa sakit.

Share Artikel: