Penyakit kanker masih menjadi salah satu penyebab kematian utama di dunia. Kanker merupakan kondisi pertumbuhan sel abnormal dan bersifat ganas di dalam tubuh. Kondisi ini dikenal sebagai "silent killer", karena sering terdeteksi saat sudah memasuki stadium lanjut. 

Meski demikian, pengidap kanker bisa sembuh total selama terdeteksi sejak dini dan mendapat pengobatan yang tepat. Mengutip dari laman halodoc, Kamis (26/11/2020) berikut jenis kanker yang rentan menyerang wanita.

1. Kanker Payudara

Kanker payudara termasuk jenis sel ganas yang paling banyak dialami wanita. Data Globocan menunjukkan bahwa kanker payudara diidap 42,1 per 100 ribu penduduk wanita, dengan rata-rata kematian 17 per 100 ribu penduduk.

Kanker jenis ini muncul ketika sel abnormal tumbuh di jaringan payudara, seperti kelenjar susu dan saluran payudara. Gejalanya berupa benjolan di payudara bisa juga muncul di ketiak, perubahan bentuk atau ukuran payudara, kulit payudara memerah, nyeri pada payudara, serta puting tertarik masuk ke dalam.

2. Kanker Serviks

Disebut juga kanker leher rahim. Jumlah kasus kanker serviks, menurut data Globocan 2018, adalah sebesar 23,4 per 100 ribu penduduk dengan rata-rata kematian 13,9 per 100 ribu penduduk.

Seorang wanita dicurigai mengidap kanker serviks jika mengalami pendarahan pada vagina yang abnormal, keputihan, nyeri saat berhubungan intim, sering buang air kecil, mudah lelah, pembengkakan di salah satu tungkai, kehilangan nafsu makan, sembelit, muncul bercak darah di urine, serta keluar urine atau feses dari vagina.

Baca Juga: Penelitian: Alpukat Bisa Sembuhkan Leukimia, Benarkah?