Saat si kecil sakit pastinya Moms akan kerepotan dan khawatir. Belum lagi di era pandemi ini yang membuat takut pergi ke dokter atau rumah sakit.

Cara aman yang bisa dilakukan adalah menggunakan obat-obatan. Namun, selain menggunakan obat-obatan kimia, Moms juga bisa memberikan alternatif lain pada untuk penyembuhan si kecil, lho!

Moms dapat memilih obat herbal yang mudah ditemukan yaitu bumbu dapur.

Hmm, bumbu dapur apa saja ya yang bisa efektif menyembuhkan sakit si kecil?

Melansir dari Popmama.com (27/11/2020) HerStory sudah merangkum apa saja  bumbu dapur yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Cek, yuk, Moms!

1. Bawang putih

Dikenal memiliki banyak khasiat, bawang putih juga bisa menyembuhkan sakit yang diderita oleh si kecil. Bawang putih dapat dijadikan dekongestan alami yang dapat mengatasi batuk, menyembuhkan gangguan pernapasan hingga mengurangi radang tenggorokan. Tak hanya itu, bawang putih juga dapat membunuh parasit dalam tubuh.

2. Bawang merah

Enggak hanya bawang putih saja yang bisa menyembuhkan penyakit, bawang merah juga bisa menjadi obat alami untuk mengatasi demam. Kandungan flavonoid dalam bawang merah berfungsi mengatasi radang dan menurunkan panas tubuh serta mengatasi perut kembung.

3. Temulawak

Si kecil punya masalah pencernaan atau masuk angin? Moms bisa mengobatinya dengan temulawak. Temulawak memiliki efek farmakologi yang bersifat sebagai laksatif atau pencahar. Tak hanya itu, temulawak juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil dan menangkal keracunan pada empedu.

Baca Juga: Moms Harus Waspada! Kenali 3 Penyakit Jantung yang Bisa Menyerang Anak...

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas