Menu

Keren! Didominasi Wanita, 95% Pelaku UMKM Tertarik dengan Bisnis Ramah Lingkungan dan Inklusif

15 Desember 2022 22:00 WIB
Keren! Didominasi Wanita, 95% Pelaku UMKM Tertarik dengan Bisnis Ramah Lingkungan dan Inklusif

Peluncuran Tokopedia Hijau di Tokopedia Tower, Jakarta (Tokopedia/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

UMKM merupakan bagian dari perekonomian nasional yang berwawasan kemandirian dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, kini adalah hal lain yang juga harus diperhatikan selain kesejahteraan masyarakat, yaitu isu lingkungan.

Oleh karena itu, Kementerian Koperasi dan UKM RI menjalankan program pengembangan UMKM yang ramah lingkungan. Kabar positifnya, hampir seluruh dari 3.000 pelaku UMKM menunjukkan ketertarikan terhadap isu keberlanjutan ini.

Berdasarkan hasil riset Kemenkop UKM bersama United Nations Development Programme (UNDP) di 2021, dari 3.000 pelaku UMKM, 95%nya menunjukan minat terhadap praktik usaha ramah lingkungan,” kata Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM RI dalam video sambutannya pada acara peluncurkan gerakan ‘Tokopedia Hijau’, Rabu (14/12/2022).

Adapun hal yang ditelusuri adalah bagaimana perilaku para pelaku UMKM. Mulai dari pengelolaan sampah hingga keberlanjutan bisnis mereka.

"Hal ini meliputi sikap pelaku usaha dalam menggunakan energi secara efisien, mengurangi sampah dalam proses produksi mereka serta menerapkan pentingnya praktek ramah lingkungan dalam usahanya dalam jangka panjang,” terangnya.

Baca Juga: Konsisten Usung Makanan Sehat, 2 UMKM Lokal Ini Sukses Jangkau Pasar Nasional, Transaksi Naik Berkali-kali Lipat, Apa Rahasianya?

Baca Juga: Rayakan Hari Gizi Nasional, Tokopedia Hadirkan Flash Sale Makanan Sehat Serba Rp 30 Ribu, Catat Tanggalnya Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.