Bagaimana jika lingkungan di sekitar kamu mayoritas perempuan? Tidak ada laki-laki di lingkungan tempat tinggalmu. Wah, tentu kamu harus mengerjakan pekerjaan yang biasa dilakukan oleh laki-laki.

Ternyata, ada sebuah desa yang hanya melahirkan bayi perempuan, lho. Mau nggak mau, keluarga di desa itu harus mengajarkan pekerjaan yang biasa dilakukan oleh laki-laki. Desa apa sih yang memiliki keunikan tersebut?

Di Polandia Selatan terdapat desa kecil bernama Miejsce Odrzanskie yang sangat unik. Sejak 2009, tidak ada lagi penduduk yang melahirkan anak laki-laki dan desa ini pun akhirnya dipenuhi dengan anak-anak perempuan. 

Rajmund Frischko, Wali Kota desa Miejsce Odrzanskie sampai berjanji ingin memberikan hadiah kepada penduduk yang berhasil melahirkan anak laki-laki. Rajmund pun tidak mengetahui apa penyebab bayi laki-laki di sana sangat langka.

Menurut teori, jenis kelamin seorang bayi bergantung pada kromosom X atau Y yang terkandung dalam sperma si ayah. Kromosom X yang menyatu dengan kromosom X si ibu akan menlahirkan bayi perempuan (XX) dan kromosom Y dengan kromosom X si ibu akan melahirkan bayi laki-laki (XY). Jumlah sperma X dan Y sama, sehingga kemungkinan memiliki anak laki-laki dan perempuan juga sama.

Namun, ada beberapa faktor kecil yang dapat mengeyampingkan seberapa besar X dan Y dalam kandungan sperma. Kromosom X lebih tahan lama dan lebih berat dibandingkan kromosom Y, jadi akan sulit bagi X untuk mencapai sel telur dalam proses pembuahan.

Sebuah desa di Polandia tersebut menjadi perbincangan setelah mereka mengirimkan tim khusus putri dalam kompetisi regional relawan muda pemadam kebakaran. Mereka juga semakin populer karena tim dari desa Miejsce Odrzanskie berhasil memenangkan perlombaan.

Keunikan yang dimiliki oleh desa ini sampai menarik perhatian para ilmuwan untuk mencari tau apa penyebab bayi laki-laki sangat langka di sana. Pasti kamu penasaran banget, kan?

Wah, semoga cepat terpecahkan, ya!

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.