Menu

Moms, Si Kecil Impulsif dan Kurang Fokus? Coba Kenali 14 Gejala ADHD Berikut Ini

27 November 2020 17:25 WIB
Moms, Si Kecil Impulsif dan Kurang Fokus? Coba Kenali 14 Gejala ADHD Berikut Ini

ilustrasi anak-anak sedang bermain dengan babysitter (freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, pernahkah kamu memperhatikan anakmu terlalu aktif dan cenderung kurang fokus? Fokus dengan satu hal, lalu ia mulai gelisah dan jika hal yang berjalan enggak sesuai keinginannya, maka ia akan emosi? 

Kenali Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Kondisi kronis berupa kesulitan fokus, hiperaktif, dan impulsif. 

ADHD adalah gangguan perkembangan saraf kompleks yang dapat memengaruhi kesuksesan anak di sekolah, serta hubungan mereka. Gejala ADHD bervariasi dan terkadang sulit dikenali.

Setiap anak mungkin mengalami banyak gejala individu ADHD. Jadi, untuk menegakkan diagnosis, dokter anak perlu mengevaluasi anakmu menggunakan beberapa kriteria.

ADHD umumnya didiagnosis pada anak-anak pada saat mereka remaja, dengan usia rata-rata untuk diagnosis ADHD sedang adalah 7 tahun.

Anak-anak yang lebih tua yang menunjukkan gejala di bawah ini mungkin menderita ADHD, tetapi mereka sering menunjukkan gejala yang agak rumit di awal kehidupan.

Berikut 14 tanda umum ADHD pada anak-anak:

1. Perilaku berfokus pada diri sendiri

Tanda umum ADHD adalah ketidakmampuan untuk mengenali kebutuhan dan keinginan orang lain. Gejala ini berhubungan dengan gejala setelahnya.

2. Menginterupsi

Perilaku berfokus pada diri sendiri dapat menyebabkan seorang anak dengan ADHD mengganggu orang lain saat mereka berbicara atau terlibat dalam percakapan atau permainan yang bukan bagian mereka.

3. Kesulitan menunggu giliran

Anak-anak dengan ADHD mungkin kesulitan menunggu giliran selama kegiatan kelas atau saat bermain game dengan anak lain.

4. Gejolak emosional

Seorang anak dengan ADHD mungkin kesulitan mengendalikan emosinya. Mereka mungkin memiliki luapan amarah pada waktu yang enggak tepat.

Anak-anak yang lebih kecil mungkin mudah marah.

5. Gelisah

Anak-anak dengan ADHD sering kali enggak bisa duduk diam. Mereka mungkin mencoba untuk bangun dan berlari, gelisah, atau menggeliat di kursi mereka ketika dipaksa untuk duduk.

6. Masalah bermain dengan tenang

Kegelisahan dapat menyulitkan anak-anak dengan ADHD untuk bermain dengan tenang atau melakukan aktivitas santai dengan tenang.

Baca Juga: Jago Pasang 'Topeng', Ini 5 Zodiak yang Pandai Atasi Stres! Kamu Salah Satunya Bukan?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.