Beauty, ternyata masih banyak di luar sana yang menganggap olahraga hanya bisa dilakukan orang kaya. Karena yang dilihat adalah kartu keanggotaan gym bulanan seharga ratusan ribu sampai berjuta-juta atau sesi pelatihan pribadi yang harganya engak kalah mahal. Belum lagi peralatan olahraga elektronik. 

Padahal masih ada lho alat bantu untuk olahraga yang gratis. Di zaman serba digital ini, harusnya kita juga bisa memanfaatkan hal-hal digital tersebut dengan baik.

Lewat aplikasi gratis yang mudah di-download pada smartphone, dijamin bisa membantumu untuk segar bugar.

Nike Training Club

Aplikasi dari Nike ini menyebut dirinya sebagai pelatih pribadi terbaikmu, dan dengan koleksi lebih dari 185 latihan gratis, mulai dari rutinitas berbasis kekuatan dan ketahanan hingga sesi mobilitas dan yoga, semuanya menampilkan panduan virtual dari Pelatih Master Nike.

Jika kamu enggak memiliki alat bantu olahraga di rumah, jangan khawatir, ada banyak latihan tanpa peralatan yang tetap akan membuat kamu sehat.

Adidas Training by Runtastic

Pesaing Nike, Adidas mengeluarkan aplikasi yang menawarkan latihan selama 7 hingga 45 menit dengan 180+ latihan mandiri.

Aplikasi ini tersedia di iOS dan Android; gratis dengan opsi untuk pembelian dalam aplikasi.

Burpee Workout

Di dunia kebugaran, Burpee adalah gerakan yang cukup memecah belah. Orang-orang tampaknya sangat menyukai latihan seluruh tubuh ini. 

Jika kamu menyukai latihan burpee, aplikasi ini cocok untukmu. Ini sepenuhnya berpusat pada gerakan berat badan klasik, menawarkan tantangan burpee dengan berbagai durasi dan kesulitan. 

Aplikasi ini tersedia untuk Android.

Nike Run Club

Aplikasi ini membantu untuk latihan lari sejatuh 5K pertamamu.

Aplikasi ini menawarkan fitur yang sangat berguna seperti pelacakan GPS, tantangan jarak, rencana pelatihan yang disesuaikan, dan dorongan pendengaran dalam bentuk lari yang dinarasikan oleh pelatih, atlet, dan penghibur dari Nike. 

Tersedia di iOS dan Android; Gratis.

7 Minute Workout

Aplikasi ini adalah solusi untuk alasan kamu yang klasik itu, maunya olahraga tapi nyatanya enggak punya waktu.

Dengan sesi berkeringat tanpa peralatan selama 7 menit yang dirancang untuk memberikan manfaat maksimal dalam waktu sesingkat mungkin, kamu dapat dengan cepat dan efektif mengeluarkan keringat. Ingat, cuma 7 menit.

Tersedia di iOS dan Android; gratis dengan opsi untuk pembelian dalam aplikasi.

Daily Butt Workout

Pantat adalah otot terbesar di tubuh dan sumber kekuatan utama untuk banyak gerakan. Dengan Daily Butt Workout, kamu dapat memperkuat otot yang kuat ini melalui latihan harian selama 5 hingga 10 menit yang menargetkan bagian bawah tubuh Anda. 

Tersedia di iOS dan Android; Gratis.

30 Days Squat Challenge

Aplikasi ini menawarkan rencana olahraga sederhana selama sebulan yang berpusat pada gerakan berat badan klasik. 

Pengguna akan menangani sejumlah variasi squat setiap hari yang mana aplikasi ini menyertakan 13 variasi squat yang digabungkan ke dalam enam latihan berbeda.

Baca Juga: Dapatkan Bokong Impian Hanya dengan Cara Tiduran! Wah Emang Bisa?

Tersedia gratis untuk IOS.