Teh adalah salah satu minuman pemersatu. Hampir semua orang membutuhkannya setiap saat. Selain meminum teh memiliki beberapa manfaat kesehatan yang ditawarkan, ternyata mengaplikasikannya pada kulit juga memiliki manfaat lebih. 

Sifat anti-oksidan, anti-penuaan dan anti-inflamasi yang ada dalam teh membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. 

Teh hijau dan teh hitam mengandung kafein dan sangat kaya akan katekin dan polifenol, dua antioksidan yang dikenal dapat melawan jerawat dan penuaan. 

Teh juga menghasilkan toner yang luar biasa dan dapat membantu menenangkan kulit. 

Jika kamu berencana untuk menyeruput secangkir teh dalam waktu dekat, tambahkan juga ke rutinitas perawatan untuk kecantikan kulitmu dengan ampasnya.

1. Mengurangi Mata Bengkak Dan Menghilangkan Lingkaran Hitam

Kandungan kafein dalam teh membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit dan semakin menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata. Tanin dalam teh dapat membantu mengurangi bengkak. 

Yang perlu kamu lakukan hanyalah membasahi dua kantong teh dan meletakkannya di bagian mata. Biarkan selama sekitar lima hingga sepuluh menit. Pastikan kamu menggunakannya secara teratur untuk mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam menjadi kulit mata yang kembali cerah.

2. Menenangkan Kulit Terbakar Atau Noda Yang Disebabkan Oleh Paparan Sinar Matahari Yang Berlebihan

Kehadiran asam tannic dalam teh dapat membantu menghilangkan kulit terbakar dan noda. Kamu perlu menyeduh teh dalam wajan. Setelah air menjadi dingin, celupkan handuk ke dalam teh dan letakkan di area yang terkena selama 30 menit.

Faktanya, kamu bisa mengoleskan kantong teh langsung ke wajah untuk mengurangi kemerahan.

3. Bertindak Sebagai Toner

Jika kamu kehabisan stok toner, kamu dapat mempercayai kantong teh atau daun teh sebagai penggantinya. Sifat astringen teh membuatnya menjadi toner yang luar biasa. 

Caranya Seka kantong teh di wajahmu, lalu seka dengan handuk bersih.

4. Bisa Bertindak Sebagai Scrubber

Jika Anda telah membuang kantong tehmu sehabis minum teh, kamu kehilangan scrub yang sangat baik. Ambil kantong teh bekas dan biarkan mengering dengan benar. Sekarang, potong cincang dan gunakan seperti scrub, lalu bersihkan. 

Lembapkan wajahmu dengan baik setelah mencuci muka. Kulitmu akan terasa halus dan lembut, berkat kehadiran antioksidan pada daun teh yang akan membuat kulitmu bersinar sempurna.

5. Merendam Minyak Ekstra

Teh melati dikemas dengan banyak minyak yang bermanfaat bagi kulit. Teh ini memiliki sifat anti-mikroba dan bagus untuk menyerap minyak berlebih. Seduh teh melati, biarkan dingin dan oleskan pada kulit berminyak yang rentan berjerawat. 

Teh ini dapat memerangi bakteri penyebab jerawat dan selanjutnya membantu menjaga tingkat pH kulit. 

Baca Juga: Catat, Beauty!! Begini Kondisi Kulit yang Harus Ganti Skincare!

Beauty, tertarik mencoba perawatan wajah dengan teh?