Sneakers menjadi salah satu item fashion yang hampir dimiliki semua orang. Selain bisa membuat penampilanmu lebih trendi, jenis sepatu ini juga nyaman saat dipakai. 

Nah, buat kamu yang hobi mengoleksi sneakers, ingat untuk selalu memperhatikan tips perawatannya juga. Berikut cara efektif untuk merawat sneakers agar tetap awet dan gak cepat rusak. Mengutip dari laman cosmopolitan, Senin (30/11/2020) berikut tipsnya.

1. Kenali Jenis Bahan Sneakers

Dalam perawatan sneakers, hal yang paling terpenting adalah mengenali material sneakers pada sepatu kamu. Karena setiap sepatu memiliki bahan yang berbeda dan perawatannya pun tentu berbeda. Misalnya bahan suede, adalah bahan yang harus diperhatikan secara ekstra karena teksturnya yang berbulu seperti beludru membuatnya lebih cepat rusak jika dicuci dengan cara menyikatnya menggunakan penyikat.

2. Cuci Sepatu dengan Benar

Setelah kamu memerhatikan material pada sneakers. Langkah berikutnya adalah mencuci sepatu dengan cara yang tepat sesuai bahannya. Hindari merendam sneakers pada air yang diisi sabun atau deterjen, hal ini akan membuat warna jadi cepat pudar dan juga lem pada sol sepatu jadi mudah lepas. Selain itu, gunakan penyikat sepatu pada area sol saja karena teksturnya yang tebal tidak akan membuat lecet. Kemudian gunakan lap khusus pembersih sepatu untuk bagian yang kotor saja.

3. Gunakan Penyemprot Pelindung

Salah satu langkah yang bisa jadi opsi kamu agar sneakers tak mudah kotor adalah dengan menggunakan penyemprot pelindung sepatu. Cukup semprotkan ke seluruh bagian sepatu selama beberapa kali, dan sneakers kamu pun akan lebih terlindungi.