Buah jeruk dikenal akan rasanya yang enak dan aroma menyegarkan. Selain itu, jeruk memiliki berbagai manfaat bagi tubuh serta kaya akan vitamin C.

Perlu diketahui bahwa manfaat jeruk tak hanya di bagian dalam buahnya saja. Kulit jeruk juga dikenal memiliki manfaat bagi kecantikan seperti mengatasi keriput dan mengharumkan ruangan.

Akan tetapi, terdapat bagian dari buah jeruk yang sering dilupakan, yaitu serabut putih pada kulit jeruk atau dikenal dengan nama albedo.

Serabut putih atau serat putih dalam buah jeruk sering dibuang karena memiliki rasa yang tawar dan cukup mengganggu ketika dikonsumsi.

Padahal serat putih yang menempel pada kulit jeruk ini memiliki ragam manfaat, lho! Serat putih pada jeruk ini dipercaya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, untuk lebih jelasnya HerStory sudah merangkum dari berbagai sumber pada Senin (30/11/2020) apa saja manfaat serat putih pada jeruk. Scroll aja, yuk!

1. Menambah asupan vitamin C

Seperti yang diketahui bahwa buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Namun, ternyata kandungan vitamin C dalam serat putih buah jeruk juga tinggi, lho! Untuk itu, jika kamu mengonsumsi buah jeruk bersamaan dengan serat putihnya maka asupan vitamin C kamu akan bertambah. Vitamin C dapat berfungsi untuk kesehatan kulit dan melindungi kulit akibat kerusakan akibat terpapar sinar matahari.

2. Dapat melancarkan sistem pencernaan

Serabut putih jeruk memiliki kandungan serat yang tinggi. Semakin banyak kamu mengonsumsi buah jeruk bersamaan dengan seratnya maka akan memperbaiki sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Namun, jika kamu mengonsumsi jeruk dengan membuang serabut putihnya maka kamu tak akan mendapatkan 30% kandungan serat jeruk. Serabut putih pada jeruk ini juga dapat mengikat kolesterol dan trigliserida yang berlebihan. 

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Susu? Catat Nih, Beauty!