Minum air sebelum tidur memiliki sejumlah manfaat. Tetapi terlalu banyak minum air putih terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu siklus tidur dan berdampak negatif terhadap kesehatan jantung.

Seperti diketahui bahwa penting untuk menjaga asupan cairan untuk menghindari dehidrasi dan mencegah asupan air berlebih di malam hari. 

Salah satu tanda dehidrasi adalah urine berwarna gelap. Jika kamu minum cukup air, urin akan berwarna kuning muda hingga bening.

Minimal minum delapan gelas air sehari, tetapi jumlah itu dapat berbeda untuk setiap orang. Kamu mungkin perlu minum lebih banyak air tergantung pada tingkat aktivitas yang dilakukan, cuaca, atau jika kamu sedang hamil.

Baca Juga: Minum Air Putih saat Baru Bangun Tidur Bisa Tingkatkan Metabolisme Lho! Efektif Turunkan Berat Badan?

Beberapa cara terbaik untuk tetap terhidrasi meliputi:

  • meningkatkan asupan sayur dan buah karena mengandung banyak air
  • minum segelas air setiap kali makan
  • minum air sebelum dan sesudah berolahraga
  • minum air saat lapar karena terkadang haus disalahartikan sebagai lapar