Aiu Ratna resmi menggantikan Jakcline Rossy sebagai posisi vokalis Band Coklat. Sebelum menjadi vokalis tetap, Aiu sudah berkalaborasi dengan Coklat baik on air di atas panggung atau off air selama lebih dari satu tahun.

Berita ini diumumkan langsung oleh anggota band Coklat dalam Live Chat Streaming di Coklat Band Official Channel Youtube pada hari Minggu (29/11/20). 

"Cokelat akhirnya kembali menemukan penyanyi yang sepadan. Benar-benar sesuai dengan apa yang gue inginkan," kata gitaris Cokelat, Edwin Marshal.

Suara Aiu bersama Coklat sudah bisa didengarkan di lagu Coklat yang berjudul 'Anak Garuda' versi vokalis terbaru yang rilis pada bulan Agustus 2020 lalu.

Baik penggemar dari pihak Aiu, maupun Coklat, mereka mendukung penuh bergabungnya Aiu sebagai vokalis baru Coklat. Hadirnya Aiu dalam Coklat melengkapi formasi band yang selama ini sering gonta-ganti vokalis. Dari Kikan Namara(1996 - 2010), dilanjut oleh Sarah Hadju (2010 - 2011), dan Jackline Rossy (2011 - 2020).

Aiu Ratna sebelumnya merupakan vokalis band Garasi di tahun 2005 sampai 2009. Tergabungnya Aiu di band barunya, enggak membuat Aiu merasa kesulitan dalam beradaptasi. Ia mengaku sudah mengenal member band yang terdiri dari para pria.

"Karena para personelnya sudah kenal lama, dan lagu-lagunya pun sudah sangat familiar. Jadi proses adaptasinya tidak sulit dan bahkan bisa langsung terjalin chemistry-nya," ucap Aiu.

Anggota lainnya dari band Coklat yang terdiri dari Edwin Marshal (gitar), Ernest Fardiyan (gitar), Ronny Febri Nugroho (bass) dan Alex Andaviar (drum) juga menerima Aiu dan merasa Aiu melengkapi mereka.

"...Aiu memiliki benang merah dengan musik Coklat dari segi karakter dan ciri khas vokal. Jadi saat bertemu Aiu, gue merasa ini sebuah puzzle yang komplit," kata Edwin.

Keren banget Aiu Ratna. Semoga sukses terus sebagai rocker wanita dan berjodoh dengan band Coklat.